Home / Peristiwa / 59 Negara Tolak Kedatangan WNI, Istana: Itu Kebijakan Negara Masing-Masing

59 Negara Tolak Kedatangan WNI, Istana: Itu Kebijakan Negara Masing-Masing

Komline, ­­­­Jakarta– Setidaknya ada 59 negara melarang warga negara Indonesia untuk masuk. Hal ini seiring lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia yang mencapai 207.203 positif per Kamis (10/9/2020), dengan 147.510 sembuh dan 8.456 meninggal dunia.

Selain itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) memasukkan Indonesia ke dalam daftar negara yang berisiko tinggi untuk dikunjungi karena kasus risiko penularan virus corona.

Tenaga Ahli Kedeputian Kantor Staf Presiden Donny Gahral Adian tak mempersoalkan 59 negara yang menolak masuk Warga Negara Indonesia (WNI) imbas pandemi Covid-19. Donny menuturkan, Indonesia juga pernah menerapkan kebijakan serupa dengan menutup pintu masuk bagi warga dari sejumlah negara.

“Itu kebijakan negara masing-masing. Indonesia juga pernah menutup dari negara-negara yang Covid, dari China, Korea Selatan. Jadi ya biasa saja,” ujar Donny, Jumat (11/9/2020)

Donny menilai, puluhan negara yang menutup akses bagi WNI itu dilakukan semata untuk melindungi warganya dari potensi penularan covid-19.

Ia mengklaim pemerintah Indonesia pun melakukan hal yang sama demi menekan laju penyebaran virus. Menurutnya, lonjakan kasus yang terjadi saat ini tak lepas dari kondisi geografis Indonesia yang sangat besar dan luas.

“Indonesia masih on the right track. Kalau ada peningkatan kasus positif ya saya kira wajar karena Indonesia negara yang cukup besar,” katanya.

Donny mengingatkan bahwa yang terpenting bagi warga saat ini adalah tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Mau tidak mau karena hanya itu yang bisa menahan laju angka pertumbuhan positif. Pakai masker, cuci tangan, jaga jarak, dan tentu pengawasan yang ketat,” ucap Donny.

Sejumlah negara diketahui membatasi kunjungan dari Indonesia. Di antaranya Malaysia, Hungaria, Uni Emirat Arab, dan Afrika Selatan.

Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Kemenag Tetap Gelar Program Penceramah Bersertifikat Meski Mendapat Banyak Penolakan

Komline, ­­­­Jakarta– Meskipun mendapat berbagai penolakan, Kemenag (Kementerian Agama) tetap menggelar sosialisasi program Bimbingan Teknis …

%d bloggers like this: