Home / Peristiwa / Aksi 1.000 Lilin Serta Doa NTT Untuk Ahok
Aksi lilin Ahok (doc/net)

Aksi 1.000 Lilin Serta Doa NTT Untuk Ahok

Link Banner Link Banner

Komeringonline.com, Kupang – Ada ratusan warga Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, berkumpul guna melakukan aksi 1.000 lilin dan doa bersama di Jalan El Tari, persis di depan Gedung Pengadilan Tinggi Kupang, malam ini sekitar pukul 19.00 Wita. Digelarnya aksi ini sebagai wujud simpati atas vonis terhadap Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

“Aksi ini bukan bentuk penolakan terhadap putusan hakim, tetapi sebagai aksi simpati masyarakat Kota Kupang akan vonis terhadap Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Ini bentuk kepedulian kami akan matinya keadilan dan demokrasi di Indonesia,” ujar Pendeta Jhoni Kilabong, Selasa (9/5/2017).

Dalam pernyataannya, keputusan hakim terhadap Ahok disebabkan tekanan dari massa, bukan karena fakta persidangan.

“Kita tidak bicara soal SARA tetapi kami minta keadilan. NTT adalah negeri toleransi tinggi. Ahok adalah anak negeri yang wajib mendapatkan keadilan. Ahok hanya korban penggiringan opini publik,” kata Jhoni.

Harapan juga, Presiden Joko Widodo akan mendengar aspirasi masyarakat NTT dan tegas mengambil kebijakan dengan kasus ini.

“Kami tidak meminta Jokowi untuk intervensi keputusan hakim tetapi keadilan harus ditegakkan,” imbuh Jhoni.

Dalam putusannya, majelis hakim yang diketuai Dwiarso Budi Santiarto menyatakan terdakwa Ahok bersalah dalam kasus penodaan agama dan dihukum penjara selama 2 tahun.

“Menyatakan Ir Basuki Tjahaja Purnama terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana penodaan agama dan menjatuhkan pidana penjara 2 tahun dan memerintahkan terdakwa ditahan,” ujar Dwiarso dalam persidangan di Gedung Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa (9/5/2017).

Vonis ini lebih berat dari tuntutan jaksa yang hanya menuntut terdakwa hukuman 1 tahun dengan masa percobaan 2 tahun.

Link Banner Link Banner Link Banner Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Akhirnya H.Eddy Marzuky Nalapraya terpilih menjadi Ketua Majlis Adat Betawi Seumur Hidup

Komline-Jakarta-Berdasarkan hasil Rapat Akbar yang diadakan oleh Badan Musyawarah Betawi diselenggarakan pada Ahad 4 November …