Home / Gaya Hidup / Alibaba Mencetak Rekor Penjualan 244 Triliun Rupiah Hanya Dalam Waktu 13 Jam

Alibaba Mencetak Rekor Penjualan 244 Triliun Rupiah Hanya Dalam Waktu 13 Jam

Link Banner

Komeringonline.com – Sebuah rekor baru telah dicatat oleh raksasa e-Commerce Tiongkok, Alibaba, yaitu rekor penjualan sebesar US$ 18 miliar atau sekitar 244 triliun rupiah yang diraih hanya dalam waktu  13 jam dalam ajang Single Day.

Transaksi ini berhasil melampaui rekor tahun lalu dengan nilai penjualan sebesar US$ 17,8 miliar atau sekitar 241 triliun rupiah, yang didapat selama 24 jam. Demikian yang dikutip dari laman CNN Money, Sabtu (11/11/17).

Single Day atau yang lebih dikenal dengan sebutan ‘Hari Jomblo’ di Tiongkok adalah sebuah festival belanja online yang selama bertahun-tahun berhasil mengumpulkan lebih banyak penjualan daripada ajang yang lain seperti Black Friday dan Cyber Monday.

Berdasarkan riset eMarketer Retail, Alibaba mampu memanfaatkan event ini secara maksimal untuk memancing brand internasional masuk ke dalam platform-nya. Bahkan, lebih dari 40 % merk yang ikut meramaikan Hari Jomblo tahun ini berasal dari luar Tiongkok.

Selain menargetkan konsumen dalam negeri, Single Day juga kian menyebar ke beberapa negara lain. Bahkan pemain lokal di Asia Tenggara seperti Lazada (anak perusahaan dari Alibaba), Zalora, dan Shopee juga meluncurkan promosi Hari Jomblo sendiri tahun ini.

Menurut People Daily, Hari Jomblo asal mulanya diciptakan oleh mahasiswa Tiongkok pada 1990-an, yaitu sebuah event yang digelar setiap tanggal 11 November untuk para jomblo. Namun Alibaba sendiri baru mulai meramaikan perayaan ini pada tahun 2009.

Khusus tahun ini, Alibaba menggelar event tersebut dengan mendatangkan beberapa artis papan atas internasional, seperti Nicole Kidman, Pharrel Williams, Jessie J, Maria Sharapova, dan lain lain.

Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Koordinator Wilayah Pemuda Muslimin Indonesia Provinsi Sumsel Harda Belly Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Ikut Bergotong Royong Membantu Pemerintah Atasi Covid-19

Komline,Jakarta– Pemuda Muslimin Indonesia melakukan MOU bekerjasama untuk membantu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam …

%d bloggers like this: