Home / Berita Tokoh / Anggota Komisi IX DPR RI Dra.Hj.Siti Masripah, Ma gelar sosialisasi GERMAS

Anggota Komisi IX DPR RI Dra.Hj.Siti Masripah, Ma gelar sosialisasi GERMAS

Link Banner Link Banner

Komline,Banten-Kementerian Kesehatan RI Direktorat Promkes dan Pemberdayaan masyarakat Bersama Anggota Komisi IX DPR RI Dra. Hj. Siti Masrifah, MA, Menggelar Kegiatan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Yang dilaksanakan di Yayasan Nurul Huda, Jatake Kampung Kandang Kabupaten Tangerang, Kamis (11/10/2018).

Adapun kegiatan sosialisasi ini dihadiri ratusan orang warga dan tokok masyarakat yang dipandang mampu menjadi motor penggerak bagi upaya pemanfaatan program Germas, pesertanya yang terdiri dari berbagai lintas sector antara lain Dari Ibu kader Posyandu, Majelis Taklim Nurul Huda, perwakilan dari Pusmesmas Desa Karang Tengah. Sosialisasi ini disambut antusias oleh para warga yang dengan penuh semangat memberikan masukan, saran dan kritik terhadap Rancangan Program Pemberdayaan.

Hadir juga sebagai narasumber Dari Direkrorat Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI ibu Heny Rudiyanti, MKes dan dari Komisi IX DPR RI Dra. Hj. Siti Masrifah, MA.

Germas merupakan gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dengan mengedepankan upaya promotif dan preventif. Termasuk melibatkan seluruh komponen bangsa dalam membumikan paradigma sehat.

Anggota Komisi IX DPR-RI, Siti Masrifah mengatakan, sosialisasi Germas ini memang harus terus digaungkan sebagai upaya pencegahan terhadap masalah kesehatan. Mengaplikasikan gaya hidup sehat ialah kunci dari menjaga tubuh agar tidak cepat terserang penyakit.

“Karena itu, adanya semboyan cerdik dan patuh. Bagaimana mengaplikasikan gaya hidup sehat di masyarakat. Ini harus diperhatikan,” Ungkapnya

Lalu apa itu Cerdik dan Patuh? Penasaran apa kepanjangannya dan kegunaannya untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari?

Berikut ialah rinciannya.

CERDIK

1. Cek kesehatan secara berkala “Memasuki usia 40 tahun infestasi yang sangat berharga ialah kesehatan,” ujar.

2. Enyahkan asap rokok “Ini ialah PR (Pekerjaan Rumah) kita bersama. Ini sesuai dengan fakta yang dimiliki kita. Bahwa ternyata banyak pasien penyakit jantung yang disebabkan karena merokok,” tambahnya

3. Rajin aktivitas fisik “Tanyakan diri kita sendiri. Seberapa sering beraktivitas. Banyak orang yang bekerja jauh. Sejak pagi sudah gas motor dari Bekasi ke Jakarta Barat. Pulang sudah habis Magrib tapi itu paling cepat. Ini terjadi bertahun-tahun. Sampai rumah sudah lelah dan tidur. Setidaknya lakukan aktivitas fisik selama 30 menit sekali setiap hari;” katanya.

4. Diet sehat dan seimbang Ini tergantung dari apa yang sehari – hari dimakan.

5. Istirahat cukup dan kelola stres.

PATUH

1. Periksa keseharan secara rutin

2. Atasi penyakit dengan pengobatan rutin

3. Tetap beraktivitas fisik

4. Upayakan diet sehat dan gizi seimbang

5. Hindari asap rokok, minuman beralkohil dan zat karsinogenik lainnya.

(nur)

Link Banner Link Banner Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Menperin Minta Perguruan Tinggi Bikin Lokakarya Penumbuhan Wirausaha

Komline – Jakarta, Menperin Minta Perguruan Tinggi Bikin Lokakarya Penumbuhan Wirausaha, Kementerian Perindustrian semakin gencar mendorong tumbuhnya …