Home / Kesehatan & Wanita / Apa Makna 3 Lambang Lingkaran Warna Pada Kemasan Obat Ini ?

Apa Makna 3 Lambang Lingkaran Warna Pada Kemasan Obat Ini ?

Link Banner

Komeringonline.com – Komliners, seringkah anda melihat ada tanda lingkar biru, lingkar merah dengan huruf k dan lingkar hijau di dalam kemasan obat ? Ternyata ketiga lingkaran ini mempunyai makna loh !

Tahukah komliners, lambang lingkar tersebut menandakan makna apa?
Ya, lambang obat itu merupakan fungsi sebagai penanda apakah obat yang komliners gunakan adalah obat ringan atau obat keras. agar komliners tidak bingung saat membeli obat, mari kita cari tahu apa sih arti ketiga lambang ini?

1. Lingkar Biru
Obat dengan lambang lingkaran biru dengan garis tepi hitam merupakan obat yang termasuk obat bebas terbatas, komliners.

Maksud obat bebas terbatas adalah obat yang mempunyai dosis cukup tinggi (bila dibandingkan obat bebas), tetapi bisa dibeli meskipun tanpa resep dari dokter.

Biasanya dalam kemasan obat dengan lingkar biru disertai garis tepi hitam ini selalu ada peringatan dan dosis yang harus digunakan loh komliners. Dan beberapa obat ini hanya bisa dibeli di apotik.

2. Lingkar Merah Dengan Huruf K
Komliners, obat dengan lambang lingkar merah didalamnya terdapat huruf K dan bergaris tepi hitam adalah jenis obat yang termasuk obat keras. Jadi obat ini hanya bisa di beli dengan resep dokter saja komliners.

3. Lingkar hijau
Nah komliners, Setelah beberapa obat dengan jenis lingkar biru yang termasuk obat bebas terbatas dan obat keras, obat jenis lingkar hijau dengan garis tepi hitam adalah obat yang menandakan obat bebas.

Maksud obat bebas adalah komliners bisa menggunakan obat tersebut meski tanpa resep dokter. Walaupun tanpa resep dokter, komliners tidak boleh mengkomsumsinya secara berlebihan, yang dapat mengakibatkan over dosis obat pada tubuh kita. Komliners, obat dengan lingkar hijau bergaris tepi hitam bisa didapatkan diwarung maupun ditoko-toko obat ya.

Nah, komliners itulah tiga tanda/lambang yang memiliki makna yang harus pula diketahui oleh kita. Baiknya Komsumsilah obat dengan jumlah yang cukup dan dengan resep dokter, dan jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan ya, komliners ! (Harda)

Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Tips Melupakan Mantan Agar Tak Ganggu Kesehatan

Sahabat Komline, Manusia sejatinya adalah mahkluk sosial yang selalu saling membutuhkan dan selalu ada hubungan …