Home / Kuliner / Aroma Khas Lemang Jajanan Tradisional Tempo Doeloe Yang Tersimpan Dibatang Bambu

Aroma Khas Lemang Jajanan Tradisional Tempo Doeloe Yang Tersimpan Dibatang Bambu

Link Banner Link Banner

Komline, Palembang- Sahabat Komline, memasuki musim penghujan seperti saat ini, hal apa yang biasa anda lakukan saat menikmati momen tertentu bareng keluarga atau rekan anda?, (26/11).

Jika anda biasanya weekend atau holiday bareng keluarga, lalu apakah anda suka mencari-cari jajanan khas Indonesia yang unik, mengingatkan kenangan rindu akan jajanan di zaman old (Kenangan Waktu Doeloe) dan juga cita rasa dan aromanya yang menarik ? Selain Anda menemukan jajanan khas yang biasa anda jumpai seperti gado-gado, nasi goreng dan instant food lainnya.

Nah, jika anda sering holiday ke wilayah Sumatera dan Bengkulu anda tidak jarang menemukan jajanan khas Indonesia yang satu ini, dan tentu bakal lebih menarik sekali buat anda untuk tau apa yang lebih menarik dari jajanan khas satu ini.

Ya, jajanan satu ini dinamai dengan nama Lemang. Dinamakan Lemang karena bisa dilihat dari proses dan cara memasaknya yang unik, penyajian isi dan rasanya yang memiliki varian berbeda dan menarik dari cara memasak jajanan biasa yang bisa kalian temui.

Lemang merupakan salah satu jajanan khas asal pulau Sumatera yang merupakan warisan asli Indonesia yang masih eksis hingga saat ini.

Lemang, bisa dijumpai di daerah Sumatera dan Bengkulu. Biasanya pedagang menjualnya dengan harga Rp. 5000 per batang bambu atau disesuaikan dengan harga yang biasa dijual.

Caranya memasaknya juga unik ni guys, Lemang memang dibungkus dengan batang bambu, dibakar diatas bara api, supaya wangi dan lemangnya matang dengan sempurna dapat diberi daun pandan didalam batang bambu ketika dimasak dan lemang juga diwadahkan di dalam daun pisang, hal ini agar tidak menghilangkan aroma dari cita rasa dari Lemang itu sendiri.

Batang bambu yang dipilih untuk dibakar diatas bara api adalah batang bambu yang masih tebal, jika bambunya tipis maka pada saat dibakar lama batang bambunya akan cepat rusak.

Dan, meski prosesnya memang memakan waktu yang cukup lama, namun anda harus percaya, karena yang tidak kalah pentingnya adalah cita-rasa, dan aroma khas yang dihasilkan dari Lemang itu sendiri, nikmat sekali bukan.

Untuk varian rasa biasanya diisi dengan ketan putih daging ayam suwir, ketan putih gula merah, ketan putih buah pisang dan ada banyak varian rasa yang membuat weekend keluarga anda tambah asik bahagia dengan mencoba jajanan khas Indonesia satu ini.

Sahabat Komline, selain anda telah memilih jajanan khas dan unik ini sangat cocok sekali sebagai teman waktu liburan dan menikmati momen tertentu bareng keluarga anda.

Disamping memilih makanan instant yang banyak mengandung dzat yang tidak baik untuk diproses di dalam tubuh, akan lebih baik jika anda memilih jajanan khas Lemang sebagai makanan relatif,selain harganya murah dan rasanya yang nikmat, hitung-hitung ikut berpartisipasi mempertahankan dan mempopulerkan warisan panganan Lemang khas dan asli Indonesia. Selamat mencoba ya, sahabat Komline!

(sn)

Link Banner Link Banner Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Kaum Ibu sangat berperan Aktif dalam kegiatan kemasyarakatan

Komline-Jakarta, Kaum Ibu sangat berperan Aktif dalam kegiatan kemasyarakatan, Bertempat di kediaman Bang Roni,yang merupakan Tokoh masyarakat …