Home / Berita Tokoh / Aswari-Irwansyah Mantap Lanjutkan Sekolah Gratis Tanpa APBD Daerah

Aswari-Irwansyah Mantap Lanjutkan Sekolah Gratis Tanpa APBD Daerah

Link Banner

Komline, Sumatera Selatan- Meskipun telah dilakukan oleh pemprov sebelumnya, calon gubernur Sumatera Selatan nomor urut 2 H. Aswari Rivai dan calon wakil gubernur Sumsel Irwansyah Rebuin mantap akan tetap melanjutkan program sekolah gratis SD hingga ke jenjang SMA di seluruh kabupaten/kota di Sumatera Selatan. Hal tersebut diungkapkan Aswari Rivai, saat menghadiri kampanye dialogis di kabupaten Ogan Ilir.

Menurutnya, selama ini setengah biaya pendidikan dibebankan pada APBD daerah di 17 kabupaten atau kota di Sumatera Selatan. Aswari merasakan hal tersebut saat memimpin Kabupaten Lahat dua periode, dari 30 miliar biaya sekolah gratis, 15 miliar harus ditanggung oleh pemda.

Menariknya, salah seorang warga Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir bercerita beredar isu tidak dilanjutkannya program sekolah gratis pemprov Sumsel.

Menanggapi hak tersebut, Aswari menyatakaan selama ia terpilih sebagai gubernur dan Irwansyah wakil gubernur Sumsel terpilih di periode 2018-2023 bersama, akan mengatur sekolah-sekolah agar bebas dari pungutan liar (pungli).

Ketua DPD Gerindra Sumsel ini, juga menyayangkan, seharusnya seluruh biaya pendidikan sekolah gratis itu sudah ditanggung sepenuhnya oleh APBD Provinsi.

“Program sekolah gratis itu bagus, tapi mungkin yang dimaksudkan Adinda itu masih banyak pungutan tadi. Seperti yang sudah Kak Wari sampaikan, itu terjadi karena (biaya pendidikan sebagian) dibebani APBD (daerah), ke depan tidak boleh lagi terjadi,” jelasnya.

Sementara wakilnya, Irwansyah juga mengatakan, sekolah memiliki peran penting untuk kebutuhan anak. Sebab dengan ilmu, anak dapat lebih pandai dan memahami setiap masalah yang ia ditemui.

“Insya Allah yang bagus yang sudah dilakukan gubernur kemarin akan kita lanjutkan, mudah-mudahan permintaan bapak ibu akan kita realisasikan, ” tukasnya.

Tak hanya memberikan program sekolah gratis saat kampanye dialogis di Kab. Ogan Ilir, Aswari-Irwansyah juga memberikan program pelayanan terpadu dan infrastruktur pembangunan terbaik melalui program-program unggulannya.

(sn)

Link Banner Link Banner
Facebook Comments

Check Also

AMPPDB-GRAMP Meminta PPATK Audit Transaksi Aliran Dana Korporasi Batubara Dan Cik Ujang-Haryanto

Komline, Jakarta – Dugaan Keterlibatan PT BAU Dan PT MAS serta perusahaan galian C milik …