Home / Gaya Hidup / Balita Tidak Boleh Bermain Gadget Berlebihan.

Balita Tidak Boleh Bermain Gadget Berlebihan.

Link Banner

Komeringonline.com – Saat ini gadget merupakan bagian penting dalam kehidupan kita, bahkan sudah jarang terlihat orang tanpa menenteng gadget ditangannya. Tapi tahukah anda ternyata gadget juga bisa membuat dampak positif dan negatif, terutama kapada anak balita.

Hasil rekomendasi dari American Association of Pediatric, menyatakan bahwa anak balita khususnya usia prasekolah yakni 2-5 tahun maksimal hanya boleh bermain gadget satu jam. Meskipun ada juga orang tua yang berupaya agar anaknya tidak bermain gadget sama sekali.

Anak balita secara umum memiliki banyak waktu luang di rumah. Akibatnya, mereka lebih banyak bermain, dan salah satunya adalah bermain gadget. Sebetulnya anak balita boleh saja bermain gadget asal jangan sampai kecanduan, apalagi mengganggu tumbuh kembangnya maupun kemampuan sosial dan akademiknya.

Tanda-tanda anak sudah mengalami kecanduan gadget adalah, ketika asyik dengan gadgetnya dan kita panggil, bahkan dua sampai tiga kali dia masih saja tidak menyahut. Begitu juga ketika diminta berhenti bermain gadget, ia akan marah-marah dan merajuk. Jika Ini yang terjadi, maka itu merupakan sinyal bahwa anak tersebut sudah kecanduan gadget. Dampak seperti ini tentu saja tidak baik dalam proses tumbuh kembang si anak.

Sedangkan, pada anak usia sekolah, salah satu tanda kecanduan juga bisa terlihat dari menurunnya kemampuan akademis anak. Meskipun sebetulnya dalam beberapa kasus penurunan nilai akademik juga tidak selalu disebabkan oleh kecanduan gadget.

Namun pada anak usia sekolah, biasanya frekuensi bermain gadget akan berkurang seiring dengan berjalannya waktu. Antara lain disebabkan oleh tugas sekolah mereka yang semakin banyak, sehingga waktu bermain gadget pun lama kelamaan akan berkurang.

Demikianlah sahabat Komliner, sekarang semuanya tergantung dengan kita, pandai-pandailah mengatur waktu bagi anak, kapan dia boleh bermain gadget. Namun yang terpenting jangan sampai si anak kecanduan dan akhirnya mempengaruhi proses pertumbuhannya. (TA) 

 

Link Banner Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Wujudkan OI-OKI Makmur Ketua DPW Partai Perindo Sumsel Febuar Rahman Resmi Caleg DPRD Sumsel Dapil III

Komline,Palembang– Ketua Dewan Perwakilan Wilayah Partai Perindo Sumsel, Febuar Rahman, SH resmi memantapkan langkah maju …