Home / Peristiwa / Begini Kronologi Evakuasi Korban Hipoksia Di Gunung Dempo Pagaralam

Begini Kronologi Evakuasi Korban Hipoksia Di Gunung Dempo Pagaralam

Link Banner

Komline,Pagaralam- Tim gabungan Basarnas berhasil mengevakuasi korban hipoksia asal Jambi yang diketahui bernama Ayu, perempuan yang berusia 27 tahun, di Cadas Dempo kecamatan Pagaralam Selatan, Kota Pagaralam (12/2).

Tim SAR menjelaskan berdasarkan informasi yang diterima dari Ibu Riska bahwa sebelumnya pada tanggal 10 februari 2019 telah terjadi suatu keadaan yang membahayakan jiwa satu orang pendaki gunung Dempo yang mengalami hipoksia di shelter 2 yang bila dijangkau 15 menit dari lokasi pertama di Kampung IV.

Mendengar kabar yang telah diinformasikan oleh Ibu Riska sejak pukul 06.00 dini hari berangkat menuju shelter 2 dilokasi awal kejadian. Namun korban tidak juga ditemukan dilokasi tersebut. Pencarian dilakukan oleh Tim Sar menuju ke jalur yang lebih tinggi di top Dempo.

“Pencarian korban terus dilanjutkan hingga pada jam 09.05 Wib, Ayu ditemukan selamat oleh Team SAR dibawah Cadas yang tak jauh dari Top Dempo,”demikian dikutip dari laman tim sar nasional.

Ayu, kini sudah dibawake RS Basemah Pagaralam untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut.

Sebagai informasi, gejala hipoksia yang dialami oleh Ayu adalah disebabkan oleh adanya beberapa kondisi yang membuat seseorang berada di kadar oksigen rendah, di antaranya adalah saat berada di puncak ketinggian, seperti naik gunung, berada di ruangan tertutup tanpa sirkulasi udara yang baik, bisa jadi terjadi keracunan gas atau zat kimia, penyakit tertentu yang bisa memicu gejala hipoksia, seperti sleep apnea, asma, anemia dan penyakit paru interstisial. Yang bahkan gejala umumnya, bisa berupa tanda sesak nafas, batuk, kelelahan dan berhalusinasi dan detak jantung berubah lebih cepat.(sn)

Link Banner
Facebook Comments

Check Also

BMKG Ingatkan Gempa Tektonik Di Sumbawa, Bali Dan Lombok Tidak Berpotensi Tsunami

Komline,Palembang- Hari Sabtu, 13 Juli 2019, pukul 00.01.57 WIB, wilayah Kab. Sumbawa diguncang gempa tektonik. …

%d bloggers like this: