Home / Inspirasi / Berikut Ini Keutamaan Sholat Tarawih di Malam Pertama Bulan Ramadhan

Berikut Ini Keutamaan Sholat Tarawih di Malam Pertama Bulan Ramadhan

google.com, pub-5445025501323118, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Bulan Ramadan merupakan bulan yang paling dinantikan dan penuh amalan bagi mereka yang menjalankannya bersungguh-sungguh.

Banyak amalan yang bisa dikerjakan salahsatunya amalan shalat tarawih. Dari Abu Hurairah RA mengatakan bahwa Nabi Sallallahu Alaihi Wassalam telah bersabda:

“Siapa yang mendirikan sholat di amalam Ramadhan dengan penuh keimanan pada Allah dan mengharapkan pahala dari-Nya, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”.

Dalam hal ini, shalat tarawih merupakan ibadah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan selama bulan Ramadhan, sebab pahala dan keutamaannya sangat besar.

Sholat Tarawih memiliki keutamaan sebagaimana yang telah disabdakan oleh Rasulullah SAW:

“Barangsiapa yang salat malam di bulan Ramadhan (Sholat tarawih) karena keimanan dan mengharapkan pahala dari Allah, maka diampunkanlah dosa-dosanya yang telah lalu” (HR. Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759).

Pahala Sholat Tarawih akan dilipatkan gandakan berkali-kali jika dilakukan secara berjamaah, di mana Rasulullah SAW bersabda:

Sesungguhnya seseorang jika Sholat Tarawih bersama imam sampai salam, maka dihitung pahalanya salat satu malam suntuk” (HR. Abu Daud no. 1375)

Meskipun demikian, tahukah anda bahwa fadhilah Sholat Tarawih setiap malam berbeda dengan malam lainnya?

Berdasarkan hadits Ali bin Abi Thalib RA ini kita mengetahui bahwa pada setiap fadhilah Sholat Tarawih setiap malam berbeda-beda, di mana pembahasan kali ini adala fadhilah di malam pertama.

Disebutkan, fadhilah malam pertama Sholat Tarawih adalah orang mukmin keluar dari dosanya pada malam pertama, seperti saat dia dilahirkan oleh ibunya.

Diriwayatkan dari Sayyidina Ali bin Abi Tholib RA, Bahwa Sayyidina Ali berkata : Nabi Saw ditanya tentang keutamaan Shalat Tarawih di bulan Ramadhan.

Maka Nabi Saw menjawab: “Pada Malam pertama keluarlah dosa orang Mukmin (yang melakukan tarawih), sebagaimana ibunya melahirkan ia di dunia”.

Demikianlah fadhilah yang bisa didapatkan dari melaksanakan Sholat Tarawih pada malam pertama.

Selain itu, juga akan menambah nilai ibadah puasa di bulan Ramadhan meskipun hukumnya sunnah dan tidak memengaruhi puasa.

Semoga informasi ini bermanfaat 🙂

Facebook Comments

Check Also

Gagak Pastikan Kawal Kasus Dugaan Korupsi Bengkulu di KPK Yang Menyeret Nama Gubernur Rohidin Mersyah

google.com, pub-5445025501323118, DIRECT, f08c47fec0942fa0Jakarta– Ketua umum Gerakan Ganyang Koruptor (GAGAK) Imam Hanafi Abdullah menyoroti dugaan …