Home / Inspirasi / Bermain Game Online Ternyata Bisa Mengurangi Resiko Kepikunan.

Bermain Game Online Ternyata Bisa Mengurangi Resiko Kepikunan.

Komeringonline.com – Sahabat Komliner, memiliki hobby bermain game ternyata tidak selalu menimbulkan dampak yang negatif pada seseorang, semua tergantung dengan bagaimana cara kita memanfaatkan game tersebut.

Baru-baru ini sebuah hasil studi mengungkapkan bahwa game online ternyata bisa mengurangi resiko kepikunan, bahkan juga bisa mengurangi risiko gejala Alzheimer atau melemahnya daya ingat. Selanjutnya dijelaskan pula bahwa game online memiliki serangkaian fitur yang mampu mengasah ingatan pemainnya, khususnya orang tua.

Hasil studi yang dipresentasikan di Alzheimer’s Association International Conference, Toronto, ini membeberkan bahwa tidak semua game online menawarkan gameplay yang rumit namun ada beberapa game dengan genre tertentu yang sengaja dirancang untuk membantu para orang tua mengurangi kepikunan, seperti puzzle, strategy multiplayer termasuk MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) dan MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game).

Game online bisa dianggap sebagai tools atau alat yang bisa membuat para orang tua merasa nyaman dan tertarik untuk menggunakannya.

Studi ini memakan waktu selama 10 tahun dan ditujukan kepada 2.785 responden yang berasal dari kalangan orang tua di Amerika Serikat, dengan menggunakan metode uji ingatan lewat game online, dan hasilnya 48 persen di antaranya mampu menangani masalah kepikunan.

Begitulah Sahabat Komliner, ternyata bermain game juga tidak melulu berdampak negatif ya. Karena semua tergantung dari bagaimana kita memanfaatkan game tersebut, sehingga bisa menjadi tools atau alat yang berguna. (TA)

Facebook Comments

Check Also

Heuristis Insidental Dan Pergerakan Pemuda Hari Ini

Opini Publik Oleh: Hendro juniarto Secara bahasa pengertian pemuda adalah seorang Laki–laki atau perempuan yang …

%d bloggers like this: