Home / Teknologi & Informasi / BMKG Ingatkan Gempa Tektonik Di Sumbawa, Bali Dan Lombok Tidak Berpotensi Tsunami

BMKG Ingatkan Gempa Tektonik Di Sumbawa, Bali Dan Lombok Tidak Berpotensi Tsunami

Link Banner

Komline,Palembang- Hari Sabtu, 13 Juli 2019, pukul 00.01.57 WIB, wilayah Kab. Sumbawa diguncang gempa tektonik.

Berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukan informasi awal gempa ini berkekuatan M=5,5 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=5,3.

Hal tersebut dijelaskan oleh Daryono yang merupakan seorang pengamat dari badan BMKG. Ia juga telah merilis bahwa tiga lokasi di provinsi di Indonesia yang sejak tadi malam menunjukkan hasil gempa tektonik namun tidak mengalami tsunami.

Dijelaskannya melalui hasil analis BMKG bahwa Episenter terletak pada koordinat 8,99 LS dan 117,82 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 70 km arah tenggara Kota Sumbawa Besar, Kabupaten Sumbawa, Propinsi Nusa Tenggara Barat pada kedalaman 43 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng.

Dalam hal ini Lempeng Indo-Australia menunjam kebawah basemen Kepulauan Sunda Kecil (Lesser Sunda).

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah Samudera Hindia Selatan Bali-Nusa Tenggara ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme naik (thrust fault).

Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di Sumbawa dalam skala intensitas V MMI, Bima, Lombok Barat, Lombok Tengah, Mataram, Lombok Timur dalam skala intensitas IV MMI, dan Kuta, Karangasem II MMI.

Belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

Hingga pukul 00.30 WIB, Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 2 aktivitas gempa susulan (aftershock) dengan kekuatan M=3,1 dan M=3,7.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan,” tulisnya.

(SN)

Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Panglima TNI dan Kapolri Beri Pembekalan untuk 781 Capaja di Cilangkap

Jumat 12 Juli 2019 Jakarta – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Polisi …

%d bloggers like this: