Home / Ekonomi / DARI DESA SIMPANG TIGA KEC TULUNG SELAPAN OKI

DARI DESA SIMPANG TIGA KEC TULUNG SELAPAN OKI

Komline, (30/01/2020) Desa Simpang Tiga adalah salah satu Desa Di Pesisir Pantai Timur Kaupaten Ogan Komering Ilir Sumatra Selatan. Daerah yang berjumlah Kurang lebih dari 200 Kepala Keluarga ini dengan luasan desa 18.529.4 Ha. Desa Simpang Tiga ini memiliki hampir 90 % daerah dataran rendah denga luasan rawa gambut 4. 057,93 berdasarkan hasil Pemetan Pada Tahun 2018. Dengan hasil identiffikasi dan survey lapangan desa Simpang Tiga Tiga hampir 85 % mata pencarian masyarakat ada terbagi menjadi 2 ( dua ) yaitu pencari ikan local dan bertani.(30/01/2020)

Pada 29 februari 2018 desa Simpang Tiga mendapat kan program desa Peduli Gambut dari Kemitraan PMU Sumatera Selatan .Selanjutnya melaui Identifikasi baik potensi desa dan berbagai aspek dalam meningkatan kesajeteraan masyarkat baik dengan memanfaatkan potensi yang ada dan sumber daya alam yang ada didesa Simpang Tiga Setelah di lakukan survey dan pemetaan desa simpang tiga memiliki daerah dataran rendah, rawa gambut .dan hampir seluruh rawa gambut didesa simpang tiga ditumbuhi tanaman Brodong masyarakat menyebutnya. Dan tanaman ini hama bagi petani desa simpang karena tingkat kesuburan tanaman ini sangat cepat dengan kondisi dan ditambah lahan gambut yang subur menjadikan tanaman ini cepat berkembang biak Ungkap Bapak Suhendra.

Kegiatan sempat terhenti Karena Kurang Pendampingan, Adanya Program Desa Peduli Gambut dari Kemitraan dan Badan Restorasi Gambut Kerajinan Anyaman Brondong Kembali Berjalan ditangan ibu PKK dan POMAS. Kegiatan kerajinan ini menjadi sebuah kegiatan fositif dan bernilai ekonomi dengan dibuat kerajainaan seperti bakul, tas dan map besar dan bentuk lainnya yang siap Bersaing dipasaran Secara harga dan Kualitas.

Waktu itu masalah yang timbul adalah pemasaran yang sulit dilakukan oleh pengrajin didesa Simpang Tiga Kecamtan Tulung Selapan . semenjak Adanya Lokalatih Digital Marketing yang diadakan oleh Kemitraan PMU SumSel Ibu ibu POKMAS dan PKK Desa Bisa memasarkan di online shop seperti buka tokoh online Shoppe. Pengarajin desa simpang tiga berharap pemerintah dan intasnsi terkait dapat memperhatikan agar kegiatan ini dapat dan tetap hidup didesa simpang tiga. Baik dalam hal menanbah kreasi baru serta fasilitasi baik cara pengelolaan dan pemasaran agar menjadikan nilai ekonomi tambahan desa.

Uacapan terimakasih dari Masyarakat Desa Simpang Tiga Kec Tulung selapan Kabupaten OKI Kepada Seluruh Pihak yang Telah Mensuport dan mendampingi Desa Pesisir sehingga Muncul Beberpa Produk Unggulan Desa dan kerajinan Yang Bernilai, Terutama Kepada Pihak Kemitraan PMU Sumsel dan Fasilitator Desa. (30/01/2020)

Facebook Comments

Check Also

Massa Minta Presiden Pecat 3 Pejabat Utama Kemendag RI 

Komline,Jakarta-Sekelompok massa yang tergabung dalam Komite Milenial Anti Korupsi (KOMIK) menggelar aksi massa di depan …

%d bloggers like this: