Home / Peristiwa / Diadukan ke Komnas HAM oleh Mahasiswa Unnes, Nadiem Makarim Segera Dipanggil

Diadukan ke Komnas HAM oleh Mahasiswa Unnes, Nadiem Makarim Segera Dipanggil

Komline, Jakarta– Terkait biaya pembayaran UKT di masa pendemi, mahasiswa Unnes laporkan Mendikbud Nadiem Makarim kepada Komnas HAM. Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara menyampaikan, Komnas HAM akan meminta keterangan Nadiem perihal kebijakan yang ada serta langkah-langakh penyelesaian yang menjadi pokok aduan. Meskipun pemanggilan terhadap Nadiem belum pasti kapan waktunya, ia menyampaikan bahwa pemanggilan akan dilakukan sesegera mungkin (4/8/2020).

Selain itu, Beka menyampaikan bahwa Komnas HAM masih mengkaji dan mendalami pihak yang lain yang akan dimintai keterangan perihal aduan tersebut. Adapun pengaduan yang dilakukan yakni pada tanggal 22 Juli 2020 yang kemudian tercatat dalam nomor agenda B2801. Aduan tersebut merupakan tindak lanjut gerakan mahasiswa yang sebelumnya telah melakukan Permohonan Hak Uji Materi Permendikbud No. 25 Tahun 2020 ke Mahkamah Agung RI.

Adapun hal yang diadukan oleh mahasiswa Unnes Franscolly Mabdalika yakni yang pertama, terkait pembayaran biaya kuliah secara penuh di masa pandemi COVID19, termasuk ketentuan pungutan uang pangkal tanpa batasan persentase maksimal, dan yang kedua berkaitan dengan pembungkaman ruang demokrasi serta tindak represi yang terjadi di beberapa perguruan tinggi berkaitan dengan demonstrasi menuntut keringanan biaya kuliah di masa pandemi COVID19. (kaem)

Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Gelar Pernikahan di Masa PSBB DKI, Kelurahan dan Kecamatan akan Turun Tangan Beri Peringatan

Komline, ­­­­Jakarta– Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah mengatakan, …

%d bloggers like this: