Home / Kriminal / Diduga Menerima Suap Djoko Tjandra, Jaksa Pinangki Jadi Tersangka

Diduga Menerima Suap Djoko Tjandra, Jaksa Pinangki Jadi Tersangka

Komline, Jakarta– Kejaksaan Agung menetapkan Jaksa Pinangki Sirnamalasari sebagai tersangka akibat dugaan menerima suap dari Djoko Tjandra. Pinangki pun telah dicopot dari jabatannya sebagai Kepala Sub Bagian Pemantauan dan Evaluasi 2 pada Biro Perencanaan Jaksa Agung Muda Bidang Pembinaan Kejaksaan Agung. Hal tersebut berdasarkan surat keputusan Wali Jaksa Agung No KEP-4-041/B/WJA/07/2020 tanggal 29 Juli 2020 tentang Penjatuhan Hukuman Disiplin Tingkat Berat Berupa Pembebasan dari Jabatan Struktural.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung mengungkapkan, “Benar (jaksa Pinangki ditetapkan tersangka suap)” Rabu (12/8/2020). Kemudian, penyidik Kejaksaan Agung juga langsung menahan Pinangki semalam untuk 20 hari pertama.

Diketahui, Pinangki 9 kali bepergian ke luar negeri tanpa mendapat izin tertulis dari pimpinan meskipun menggunakan uang sendiri. Kemudian, ia terbukti melakukan pertemuan dengan Djoko Tjandra di Malaysia pada tahun 2019 lalu, yang pada saat itu status Djoko Tjandra merupakan terpidana dan buronan selama 10 tahun.

MAKI (Masyarakat Anti- Korupsi Indonesia) menyerahkan dokumen dugaan gratifikasi yang diterima Pinangki terkait perjalanannya bertemu Djoko Tjandra di Malaysia kepada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus). Selain itu, MAKI juga mengungkap satu nama pejabat tinggi lain di Kejaksaan Agung yang sempat berkomunikasi dengan Djoko Tjandra saat masih buron di Malaysia. (kaem)

 

Link Banner
Facebook Comments

Check Also

KOMI Batur Lauq: Ziadi Sosok Pemimpin yang Dibutuhkan Lombok Tengah

LOMBOK TENGAH, – Dukungan kepada pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lombok Tengah …

%d bloggers like this: