Home / Kesehatan & Wanita / Dipimpin Sekda OKU Pemeriksaan Bahan Makanan Di Pasar Beduk OKU Menemukan Makanan Yang berformalin Pada Pedagang Ini

Dipimpin Sekda OKU Pemeriksaan Bahan Makanan Di Pasar Beduk OKU Menemukan Makanan Yang berformalin Pada Pedagang Ini

Link Banner

Komline – Dalam rangka menjaga kesehatan masyarakat di Kabupaten OKU selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan serta menyambut datangnya Hari raya idul fitri yang sebentar lagi akan dijelang, maka pada hari Selasa 5 Juni 2018, dilaksanakanlah kegiatan pemeriksaan bahan pangan dipasar bedug Taman Kota Baturaja oleh Dinas ketahanan Pangan Kabupaten OKU.

Pelaksanaan tersebut oleh Balai Besar Pom Palembang, Dinkes OKU dan Polres OKU serta Pol PP OKU yang dipimpin oleh DR. Tarmizi selaku Sekda OKU, yang dilangsungkan mulai dari pukul 16.00 WIB hingga pukul 17.10 WIB.

Tim pemeriksa yang dipimpin oleh Sekda OKU tersebut, dengan cara langsung menemui sejumlah pedagang dengan membeli produk jajanan. Sebanyak 14 bahan makanan dibeli sebagai sampel, yang kemudian langsung dilakukan pemeriksaan di Mobil lab keliling milik BBPOM Palembang.

Adapun jenis makanan yang diambil tersebut diduga mengandung zat pewarna makanan yang berbahaya ataupun terdapat kandungan Formalin atau bahan pengawet lainnya serta bahan yg tidak layak konsumsi.
Seperti tahu, cincau, kue – kue, dan lain lain.

Dari hasil pemeriksaan secara lab oleh pihak BBPOM terhadap 14 jenis makanan tersebut, ditemukan satu produk makanan olahan yang diduga mengandung Formalin yaitu terdapat pada cincau hitam yg didapat dari pedagang “es kacang merah Yusuf “.

Dan untuk produk makanan lainnya dinyatakan aman untuk dikonsumsi atau tidak ditemukan zat berbahaya.

Selanjutnya tim yang dipimpin oleh Sekda OKU langsung mendatangi kembali tempat penjualan “Es kacang merah Yusuf” dan langsung memberikan peringatan terhadap pedagang tersebut, dan oleh pihak BBPOM juga didatakan dan diminta untuk menanda tangani pernyataan tertulis agar tidak terulang kembali.
Sedangkan utk cincau hitam dititipkan untuk diamankan oleh Satreskrim OKU dan akan dilakukan penyelidikan lebih lanjut asal produksi distribusi cincau hitam tersebut.
Adapun dari pihak Polres mengikuti pemeriksaan tersebut diantaranya pers Polres OKU yang dipimpin oleh Iptu Dwi sapriadi, SH Kanit Pidsus sebanyak 10 pers terdiri dari Satreskrim 5 orang serta
Satintelkam 5 orang. (mara)

Link Banner Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Peringatan HUT RI Ke 73 Di Halaman SD 01 Embacang

Komline,Kayu agung – Berbondong bondong masyarakat desa Embacang menghadiri peringatan HUT RI ke 73 yang bertempat …