Home / Berita Tokoh / DPD PGK Lebak Adakan Diskusi Publik Menelusuk Sebab Akibat Banjir Bandang Di Lebak Banten

DPD PGK Lebak Adakan Diskusi Publik Menelusuk Sebab Akibat Banjir Bandang Di Lebak Banten

Komline,Lebak ,Banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Lebak ,Banten (1/1), menuai pro kontra pada masyarakat akan sebab-sebab terjadinya banjir bandang tersebut.

Melihat hal itu, Pengurus DPD PGK Kabupaten Lebak-Banten menyelenggarakan Diskusi Publik yang mendatangkan pemateri dari Perwakilan DPRD Kabupaten Lebak, Ketua DPW PGK Provinsi Banten dan Kepala Desa Setempat dengan tema “Menelusuk sebab akibat terjadinya banjir bandang, apa solusinya?” Di Desa Leuwidamar Kecamatan Leuwidamar Kab. Lebak-Banten pada 11/1/2020 .

Ketua DPD PGK Kab. Lebak Ahmad Jayani menjelaskan tujuan dari kegiatan ini merupakan respons terhadap terjadinya pro kontra di Masyarakat akan sebab-sebab terjadinya banjir bandang.

“Dari kejadian banjir bandang pada tanggal 1 januari kemarin menimbulkan pro kontra di masyarakat , harapannya biar tidak terjadi saling menghakimi antar warga akan sebab terjadinya banjir bandang tersebut dan pada diskusi hari ini semoga membuahkan solusi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan banjir bandang tsb ” ungkap Ahmad Jayani .


Kades setempat Sahidin memaparkan terjadinya banjir bandang tersebut akibat pembalakan hutan.
“Banjir bandang kemarin terjadi karena beberapa bulan yang lalu kita mengalami kemarau yang cukup lama, kemudian bulan-bulan ini intensitas hujan lumayan tinggi, sedangkan pepohonan yang dapat menahan dan menyerap air tersebut sudah berkurang, pada akhirnya air tersebut mengalir dengan deras sehingga menyapu ribuan rumah warga. Dengan deikian pembalakan hutan harus segera dihentikan, hutan gundul harus ditanami kembali. Tutur Sahidin.

Selaras dengan apa yang disampaikan anggota DPRD Kabupaten Lebak Bangbang
“Pepohonan di Daerah hulu yang mulai gundul harus ditanami kembali” ucap Bangbang.
“Akibat kejadian banjir bandang tersebut, pemerintah daerah akan bersikap tegas dengan mengeluarkan kebijakan harapannya agar banjir bandang tesebut tidak terjadi dikemudian hari, adapun isu yang berkembang banjir bandang tersebut akibat dari penambangan liar, mungkin kami (red-Pemerintahan Kabupaten Lebak) menyerahkan hal itu ke Pemerintahan Provinsi, karena hal itu sudah menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi” Tambah Bambang .

Kemudian Ketua DPW PGK Banten Samsul Hidayat menyarankan agar dibantaran sungai ditanami pohon bambu.
“Pohon bambu khususnya bambu hitam memiliki akar yang sangat kuat, dengan demikian pinggiran sungai alangkah baiknya ditanami bambu” imbuh Samsul Hidayat

(Jay)

Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Gerakan Hidarasa Bantu Ringankan Beban Masyarakat Kebakaran Rumah

Komline, Bima– Gerakan Hidirasa dilakukan Mahasiswa/i dan Pemuda Desa Hidirasa dalam membantu korban kebakaran yang …

%d bloggers like this: