Home / Seputar Daerah / Eddy Santana Suarakan Pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat dan Pengelolaan Bandara di Sumsel

Eddy Santana Suarakan Pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat dan Pengelolaan Bandara di Sumsel

Komline, Jakarta- Gubernur Sumsel Herman Daru menyambut antusias rencana pembangunan Tanjung Carat. Pelabuhan baru itu, menurut Gubernur, Pelabuhan Tanjung Carat sangat penting bagi lalu lintas perdagangan seperti komoditi unggulan batu bara, karet, minyak sawit, gula, pupuk, dan masih banyak lainnya. “Pelabuhan baru akan berdampak baik bagi pertumbuhan ekonomi Sumsel dan sekitarnya,” ujar Herman Daru.

Juga tidak  menutup kemungkinan bahwa produk unggulan dari Bengkulu, sebagian Jambi dan Lampung, bisa juga dikapalkan lewat Tanjung Carat. Dalam beberapa tahun ke depan, semua terhubung oleh jalan tol.

Sementara untuk Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub RI, Eddy Santana menyampaikan aspirasi dari Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), yakni pengelolaan bandara didanai ABPB.

Pemkab Muba siap menyerahkan pengelolaan bandara tersebut ke Pemerintah Pusat asal dijadikan Poltek Penerbangan.Termasuk kekurangan lahan akan disediakan bahkan saat ini sudah ada runway dan telah dirawat dengan baik.

‘’Sayangnya, sejak bandara ini  dibangun tak ada aktifitas penerbangan. Sayang kalau jadi mubazir,’’ ujar Eddy Santana.

Demikian pula, beberapa bandara perlu perbaikan fasilitas seperti di Bandara Atung Bungsu, dan Silampari membutuhkan perpanjangan runway. Walikota Lubuk Linggau sudah menjamin pembebasan lahan untuk runway dan apron.

Karena jadwal penerbangan di Silampari cukup padat ada tiga penerbangan dua dari Jakarta dan dan satu dari Palembang.  Bukan saja melayani masyarakat Sumsel tapi juga masyarakat Bengkulu dan sekitarnya. ‘’Sementara taxiway perlu adanya penambahan karena hanya ada satu jalur,’’ ujar Eddy Santana lagi.

Dalam berbagai rapat dengan mitra kerja seperti Kementerian PUPR maupun Kementerian Perhubungan RI, Ir H Eddy Santana Putra MT anggota Komisi V DPR RI sebagai wakil rakyat dearah pemilihan (Dapil) I  Sumatera Selatan, selalu memperjuangkan aspirasi rakyat maupun Pemerintah kabupaten/kota di Sumsel yang diwakilinya.

Seperti dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Dirjen Perhubungan Laut dan Udara Kemenhub RI, awal April 2021 lalu. Mantan walikota Palembang dua periode ini menyampaikan aspirasi mengenai kepastian pengelolaan Pelabuhan Tanjung Carat sebagai lokasi gerbang utama jalur laut ke Sumsel.

“Karena pelabuhan ini sangat penting sekali sebagai lalulintas perdagangan dan logistic maupun hasil tambang dan perkebunan dari Sumsel,’’ tegas Eddy Santana.

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra ini, mengaku tidak akan bosan-bosan mengingatkan Pemerintah Pusat dalam berbagai kesempatan. Termasuk dalam rapat resmi DPR RI dengan mitra kerjanya untuk mempercepat pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat yang juga menjadi harapan Gubernur Sumsel H Herman Deru.

Facebook Comments

Check Also

Revisi UU Otsus, Mendagri Tito Usulkan Pemekaran Wilayah di Papua Dapat Dilakukan oleh Pemerintah Pusat

Komline, Jakarta- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menjelaskan pemekaran wilayah Papua dalam revisi UU …

%d bloggers like this: