Home / Seputar Daerah / Epidemiolog Unsri Buka Suara Terakit Gubernur Sumsel Bolehkan Mudik

Epidemiolog Unsri Buka Suara Terakit Gubernur Sumsel Bolehkan Mudik

Komline, Jakarta- Senin (29/3/2021), Gubernur Sumsel Herman Deru mengizinkan warganya mudik lebaran dengan catatan hanya antar kabupaten/kota di dalam wilayah Sumsel dan wajib menunjukkan hasil negatif uji swab maupun negatif tes geNose C-19.

Selain itu seluruh pintu masuk di 17 kabupaten/kota akan didirikan cek poin pemeriksaan untuk mencegah warga yang tidak membawa hasil tes swab bebas keluar masuk.

Epidemiolog Universitas Sriwijaya Iche Andriani Liberty mengatakan rencana membuka kembali cek poin pintu masuk jelang lebaran sebagai langkah tepat mencegah penyebaran Covid-19. Apalagi, Gubernur Sumsel Herman Deru mengizinkan warganya mudik dalam wilayah Sumsel.

“Gubernur perlu mengeluarkan surat edaran (SE) terkait aturan itu agar 17 kabupaten/kota benar-benar menjalankanya,” kata Iche di Palembang, Rabu (31/3/2021).

Menurut Iche kebijakan relaksasi tersebut tidak bermasalah selama kontrol pengawasan dijalankan dengan benar dan efektif, sebab kelengahan dalam pengawasan pada saat mudik akan berdampak langsung dengan peningkatan kasus pasca-lebaran.

“Lebaran pasti identik dengan interaksi tubuh, maka harus diantisipasi, sayang saja kalau setelah lebaran kasus positif naik lagi karena Sumsel sudah cukup maksimal menekan kasus selama setahun terakhir,” katanya.

Facebook Comments

Check Also

Revisi UU Otsus, Mendagri Tito Usulkan Pemekaran Wilayah di Papua Dapat Dilakukan oleh Pemerintah Pusat

Komline, Jakarta- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menjelaskan pemekaran wilayah Papua dalam revisi UU …

%d bloggers like this: