Home / Berita Tokoh / GADGET DAN PENGARUHNYA TERHADAP ANAK

GADGET DAN PENGARUHNYA TERHADAP ANAK

Link Banner

Komline, Palembang-Gadget, suatu benda yang tak asing di kepala kita hari ini, salah satu sarana telekomunikasi canggih yang mampu menghubungkan kita dengan berbagai penjuru dunia, degan gadget menjadikan kita dari yang jauh terasa dekat, yang dekat terkadang terasa begitu jauh .

Bagaimana pengaruhnya?
Tentu, jika ditanya pengaruhnya bagaimana, semua sahabat netizen jika saya tanya satu persatu akan memiliki alasan tersendiri dan boleh jadi masing-masing alasan itu berbeda-beda. Bagi pebisnis tentu penting dan sangat membantunya dalam aktivitas marketing dll, jika anda penggali ilmu menjadikannya mudah dalam mengakses berbagai sumber ilmu yang terpercaya, dan banyak lagi pengaruh-pengaruh lainnya yang dapat kita peroleh.
.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan coba melihat bagaimana pengaruhnya gadget terhadap generasi anak-anak yang masih polos dan newbie², karena secara tidak langsung anak-anak adalah mereka buah hati setiap generasi yang diharapkan menjadi orang-orang yang jauh lebih baik dari generasi sebelumnya. Dan sebuah hal pasti kita akan banyak berinteraksi dengan mereka .

Baik, anak-anak adalah mereka yang memiliki pola fikir yang kreatif dan kritis, karena mereka adalah generasi yang belum memiliki batasan-batasan dalam hidupnya jika dibanding dengan kalangan dewasa, kalangan dewasa sudah dibatasi cara berfikir baik secara normal agama, norma hukum, norma adat, UUD, dan lainnya, sehingga keterbatasan cara berfikir atas landasan semua yang sudah membatasi cara pandang kita. Kondisi seperti ini tidak terjadi pada anak-anak, mereka bebas berfikir, berucap dan bertindak, yaa namanya juga anak-anak.

Kondisi ini cukup kurang baik apabila sudah kita berikan sarana telekomunikasi (gadget) yang secara hukum belum mengetahui bagaimana etika, atau cara dalam pengguna, sementara dengan kelincahannya anak-anak dengan mudah menangkap atau cara penggunaan gadget itu sendiri.

Di suatu daerah, tidak sedikit saya temukan anak-anak bahkan kalangan remaja yang aktivitasnya sudah diberikan kebebasan dalam mengakses gadget, game online adalah salah satu yang ia akses, konteks ini mereka banyak abainya terhadap lingkungan sekitar disaat gagdet berada ditangannya, disaat kita panggil mereka tidak membuatnya kemudian langsung merespon sebelum bagian tubuhnya di sentuh. Menandakan bagaimana fokusnya terhadap gadget yang ia pegang dan membuatnya terlena. Ini baru dari sisi game online atau offline.

Dari sisi yang lain, dengan canggihnya benda yang satu ini, 5idaj sedikit juga kalangan anak-anak ataupun remaja yang karena ia belum memahami bagaimana norma-norma yang berlaku di masyarakat sehingga singgah di beberapa situs-sitys terkadangpun mereka tidak merasa bersalah. Dan jika hal ini dibiarkan buktikan, kerusakan cara berfikir anak, sosial anak, akan berpengaruh besar dalam hidupnya. Jangan heran jika anak-anak hari ini sulit untuk mengenali siapa saja keluarga dari pihak ayah dan ibunya. Karena mereka lebih memilih diam dirumah bersama gadgetnya jika harus ikut bersama kedua orang tuanya berkunjung atau bersilaturahim kepada kerabat-kerabatnya.

Apakah saya sudah punya anak sehingga berkomentar demikian? ūüėĀ
Belum, saya belum mempunyai anak, jangankan jauh kesana dia pun tak tau dimana. (intermezo).

Saya memiliki 1 keponakan kecil yang usianya kurang lebih 5 tahun, alhamdulilah dia dekat dengan saya, saya berikan kebebasan untuk meminta apa saja, ya namanya anak-anakntidak jauh-jauh dari jajajan atau permainan biasa. Namun disaat dia meminta untuk meminjam gadget tanpa toleransi sedikitpun saya berikan. Spontan saya ucapkan. JANGAN. Alhamdulilah kedua orangtuanya sepakat dalam hal ini, justru hal ini kami lakukan bukan karena tidak menyayanginya. Namun jauh lebih karena menyayanginya jangan sampai kerusakan dalam cara berdiri kreatif dan kritis jangan sampai lumpuh karena hanya benda yang satu ini.

Hindari pengaruh buruk gadget terhadap anak, bukan karena tak sayang. Namun begitulah cara kita menyayanginya. Banyak benda lain yang jauh lebih mampu membuatnya berfikir lebih kedepan bagi sang anak.

Allahua’lam Bishoab. Hanya sepintas apa yang saya lihat bukan apa yang terlalu saya rasakan. Ambil baiknya tinggalkan hal yang buruk.

Penulis Giyanto

Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Total 14.400 Liter Air Bersih Telah Disalurkan KAMMI Lahat

Lahat – Organisasi kemahasiswaan Kabupaten Lahat KAMMI telah menyalurkan 14.400 air bersih kepada masyarakat Kabupaten …

%d bloggers like this: