Home / Kesehatan & Wanita / Gemuk Tak Masalah Yang Penting Sehat. Benarkah ?

Gemuk Tak Masalah Yang Penting Sehat. Benarkah ?

Link Banner Link Banner

Komeringonline.com – Banyak sekali orangtua yang beranggapan bahwa anak yang gemuk itu pasti sehat. Anak yang gemuk memang terlihat lebih lucu dan menggemaskan. Padahal bila dibiarkan terus menerus dengan tidak mengontrol makanan dan minuman yang dikonsumsinya, anak tersebut bisa saja mengalami obesitas (kegemukan). Dan bila sudah terjadi obesitas akan sulit sekali untuk menurunkan berat badannya.

Sebenarnya anak yang tidak pemilih dalam hal makanan, dan napsu makannya memang baik, itu pertanda bahwa si anak dalam keadaan sehat. Namun membiarkan dan membiasakan anak makan dalam porsi yang selalu besar tanpa terkontrol juga sangatlah tidak baik. Apalagi bila tidak diimbangi dengan aktifitas fisik yang aktif.

Sebenarnya mengatur porsi makan juga bukan hanya berlaku bagi anak saja, tapi juga bagi remaja dan dewasa.

Bagi orang yang sudah terlanjur mengalami obesitas, mungkin awalnya tidak akan merasakan apa-apa pada tubuhnya. Tapi diusia yang semakin bertambah, baru terasa efeknya. Semua itu diakibatkan oleh lemak yang terlalu banyak menumpuk di dalam tubuh sehingga bisa merusak organ-organ dalam tubuh. Disamping itu obesitas juga kurang sedap dipandang mata.

Pasien yang mengalami obesitas biasanya sering mengalami nyeri tulang belakang, nyeri lutut, hati terbungkus lemak, jantung terbungkus lemak, penumpukan lemak di pembuluh darah, hingga sesak napas.

Bagaimana agar kita tahu bahwa tubuh kita sudah mengalami obesitas atau belum. Maka kita harus terus mengontrolnya dengan rumus BMI (Body Mass Index) berikut ini.

Kebanyakan orang membela diri dengan berkata “Biarin gemuk yang penting sehat”. Padahal bisa jadi ungkapan itu karena si gemuk sudah merasa putus asa dan akhirnya pasrah saja. Tapi yakinlah, sebenarnya setiap orang ingin mempunyai badan yang ideal. Jadi kenapa tidak kalau ungkapannya diganti menjadi “Dalam tubuh ideal terdapat tubuh yang sehat”.
(TA)

Link Banner Link Banner
Facebook Comments

Check Also

6 Bulan Sakit Pipi Kiri Pak Usman Hampir Bolong

Komline, OKU – Berawal dari informasi Assisten Rumah tangga salah satu anggota Komunitas Sahabat Sehati, …