Home / Berita Tokoh / H.Indra, M.Si : DEBT COLLECTOR (DC)” TEMBAK DITEMPAT”, Sudah Tepatkah ?

H.Indra, M.Si : DEBT COLLECTOR (DC)” TEMBAK DITEMPAT”, Sudah Tepatkah ?

Link Banner

Setahu saya DC itu adalah pegawai perusahaan (PT), entah tetap atau freelance (paruh waktu, berdasarkan pesanan). Artinya ada semacam MOU atau perjanjian kerjasama dengan perusahaan yang memiliki inventaris (baca: aset). Ada perjanjian bagi hasil atau upah disitu entah target tercapai atau tidak.

Umumnya perusahaan leasing (jasa keuangan), tentu ada saja resiko kerugian yang ditanggung salah satunya nasabah nunggak atau telat bayar.

Yang jadi persoalan adalah ketika nasabah tidak/ belum mampu membayar, sampai waktu tertentu sehingga motor/ mobil yang sedang dalam proses kredit ini apakah bisa di”tarik” atau negosiasi ? Apakah si penarik (DC) bisa ditembak mati ketika SOP (prosedur operasi standar) perusahaan menargetkan itu ? Saya tidak sampai pada persoalan ini karena sejatinya ini wilayah legal, namun sejatinya pihak terkait juga memikirkan bahwa bukankah DC bekerja atas SOP perusahaan tempatnya bekerja.

Kita memang sering melihat persoalan anak bangsa ini dari “hasil yang terjadi”, tapi mengapa kita tidak melihat prosesnya, sehingga bukan hanya DC yang disalahkan. Mengapa juga bukan pemilik aset, yang punya perusahaan yang memerintahkan mereka ? Evaluasi di bidang hukum perlu dilakukan terhadap persoalan ini, sehingga tidak menimbulkan “main hakim sendiri” antar warga masyarakat.

H. INDRA, M.Si (Direktur Biro Psikologi KTB)

Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Puncak Kemarau Agustus-September, Presiden Minta Jajaran Astisipasi Dampak Kekeringan

Komline,Jakarta – Presiden Joko Widodo meminta seluruh jajarannya untuk mengantisipasi dan melakukan langkah-langkah mitigasi terhadap …

%d bloggers like this: