Home / Berita Tokoh / Hiraukan Kondisi Terdakwa Yang Sakit, Hakim PN jaksel Dilaporkan Ke KY dan Komnas Ham

Hiraukan Kondisi Terdakwa Yang Sakit, Hakim PN jaksel Dilaporkan Ke KY dan Komnas Ham

Link Banner Link Banner

Komline,Jakarta-kuasa Hukum terdakwa Alvin Lim melaporkan adanya dugaan pelanggaran kode etik dan pelangaran HAM yang diduga dilakukan oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan ke Komisi Yudisial, Komnas Ham dan juga ke Badan Pengawas Hakim Mahkamah Agung.

Menurut Muhammad Hidayat Arifin, laporan tersebut telah disampaikan dan diterima pada Jumat (30/11/2018) yang lalu. Kemudian, ia menuturkan bahwa selanjutnya tinggal menunggu proses lanjutan dari pelaporan tersebut.

“Ya memang benar laporan telah kami sampaikan pada beberapa hari yang lalu, sehingga kini tinggal menunggu proses verifikasi dan lanjutan atas laporan tersebut. Besar harapan semoga laporan kepada beberapa instansi tersebut dapat untuk segera ditindaklanjuti dengan segera” jelasnya kepada awak media pada Rabu (05/12/2018).

Selanjutnya, ia menuturkan bahwa adapun yang menjadi dasar dari pelaporan tersebut ialah bermula dari pemeriksaan Alvin Lim sebagai terdakwa di Pengadilan Negeri Jakarta selatan pada selasa (27/11/2018). Di mana pada saat itu menurutnya kondisi terdakwa (alvin lim) memang sedang sakit, sehingga tidak memungkinkan untuk mengikuti persidangan. Namun, majelis hakim sama sekali tidak memperdulikan kondisi terdakwa pada saat itu, dan tetap memaksakan persidangan dilanjutkan.

“Ya kondisi terdakwa pada saat itu tidak memungkinkan untuk mengikuti persidangan, senyatanya memang sedang sakit, sehingga kami dari tim kuasa hukum sudah meminta kepada majelis hakim untuk menunda sidang, namun majelis hakim tetap melanjutkan persidangan tanpa memperdulikan dan mempertimbangkan kondisi klien kami. Oleh karenanya kami dari tim kuasa hukum pada saat itu memilih untuk meninggalkan persidangan (walk out), kemudian pada saat persidangan berlangsung klien kami terjatuh (pingsan), lalu dilarikan ke rumah sakit dengan menggunakan ambulance” pungkasnya.

(Harda)

Link Banner Link Banner Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Menperin Beberkan Target dan Peluang Menuju Masa Keemasan RI Tahun 2045

Komline, Jakarta – Indonesia akan memasuki masa keemasan pada tahun 2045 dengan menjadi negara yang maju …