Home / Curhat Om / Ini Kata Susno Duadji Soal Turunnya Minat Pengguna Maskapai Penerbangan

Ini Kata Susno Duadji Soal Turunnya Minat Pengguna Maskapai Penerbangan

Link Banner

Komline,Jakarta- Akibat pemberlakukan Tingginya harga tiket pesawat di Indonesia, menyebabkan turunnya minat penumpang yang menggunakan maskapai penerbangan. Hal tersebut juga tampak terlihat di banyaknya bangku-bangku penumpang yang kosong di JT 023 Denpasar-Jakarta.

Dampak dari kejadian ini juga dirasakan oleh masyarakat terutama saat menjelang musim lebaran dan teridentifikasi merupakan isu yang berskala nasional. Meski sebelumnya pemerintah telah memberlakukan tarif batas atas sebesar 12 % hingga 16 % sejak tanggal 15 Mei 2019.

Baca Juga: Pemerintah Terapkan Harga Tiket Pesawat Turun 12 %

Drs. Susno Duadji, SH, MH menilai bahwa penyebabnya adalah adanya persaingan ketat antar pihak pesawat. “Angkutan udara di dalam negeri di monopoli oleh 2 group penerbangan : Garuda Indonesia ; Garuda, Citilink, Sriwijaya, Lion Group ; Lion Air, Batik Air, Wings Air,” ungkapnya kepada wartawan komline 26 Mei 2019.

Dia menjelaskan, apabila dua group maskapai ini bersepakat maka harga tiket pasti mencekik leher. Efek yang ditimbulkan pun tidak akan main-main, hal itu ia katakan “bisa berimbas pada industri pariwisata hancur, ekonomi rakyat rusak, pertumbuhan ekonomi lambat,”jelasnya.

Lebih lanjut dia mencontohkan, misalkan di bidang industri pariwisata tiket dirute luar negeri, harga tiketnya juga sama dengan rute tujuan di Indonesia. Maka pilihan masyarakat lebih baik keluar negeri.

”Rakyat lebih senang pergi berwisata ke luar negeri dari pada di dalam negeri karena harga tiket ke luar negeri jauh lbh murah untuk jarak yg sama dengan penerbangan dalam negeri,” jelasnya.

Soal maskapai dalam negeri pasang tarif murah untuk ke luar negeri dia menilai pihak maskapai bisa jadi, takut kalah bersaing dng maskapai luar negeri.

Baca Juga: Komjen Pol (Purn) Drs. Susno Duadji, SH, MSc Mengadakan Diskusi Bersama Forum Percepatan Pembangunan Provinsi (FP2SS) Sumsel

Solusi untuk menurunkan tarif penerbangan dia berkata lebih baik “Ijinkan saja maskapai asing terbang mengangkut penumpang untuk route domestik,” tandasnya. (HB)

(SN)

 

Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Surat Untuk Acara Pelantikan dan Seminar AMPATI Periode 2019 – 2020 “Menyalahkan Api Perjuangan Pemuda dan Mahasiswa Pantai Timur”

“Menyalahkan Api Perjuangan Pemuda dan Mahasiswa Pantai Timur” Assalamu’alaikum Wr. Wb Salam perjuangan yang tidak …

%d bloggers like this: