Home / Gaya Hidup / Inilah Fakta Mengenai Keringat Yang Belum Banyak Diketahui Orang-Orang.

Inilah Fakta Mengenai Keringat Yang Belum Banyak Diketahui Orang-Orang.

Link Banner

Komeringonline.com – Apakah olahraga mesti berkeringat ? Lalu bagaimana dengan olahraga renang ? Tentu bukan lagi berkeringat tapi basah kuyup, kurang apa lagi coba. Begitu juga dengan olahraga Yoga Relaksasi dengan gerakannya yang lambat dan sangat lembut, malah seringkali tidak berkeringat. Kecuali jika melakukannya dibawah terik matahari. Tapi melakukan Yoga Relaksasi dapat membuat tubuh terasa lebih ringan dan segar setelahnya.

Banyak orang berpikir bahwa olahraga itu harus berkeringat. Padahal ada sebagian orang yang mudah sekali berkeringat tanpa melakukan olahraga sekalipun. Begitu juga sebaliknya, ada orang yang sulit sekali berkeringat padahal sudah melakukan gerak fisik yang lumayan berat.

Selama ini keringat dijadikan indikator akan keberhasilan suatu kegiatan olahraga. Kalau berkeringat sangat banyak rasanya puas sekali. Pasti dalam pikirannya “Wah, keringat saya mengucur deras, pasti banyak nih kalori yang sudah terbuang”. Padahal keringat yang keluar belum tentu menentukan jumlah kalori yang dibakar loh ! Tapi setidaknya kita telah berusaha mengurangi kalori walaupun sedikit dan membuang sebagian racun didalam tubuh melalui berkeringat.

Nyatanya berkeringat adalah salah satu cara kerja tubuh untuk menormalkan suhu dalam tubuh dari kepanasan. Jadi, berkeringat tidak hanya saat kita sedang berolahraga saja. Kegiatan fisik lainpun bisa menghasilkan keringat, seperti berjalan, membersihkan rumah, berkebun, bahkan bermain dengan anak kita. Jangan salah loh, orang yang sedang gugup dan ketakutan saja bisa berkeringat.

Yang terpenting adalah tetaplah selalu aktif bergerak, jangan terlalu hiraukan seberapa banyak keringat yang mengucur. Jangan terlalu banyak bermalas-malasan di depan tv, komputer, ataupun gadget anda.

Sekalipun misalnya anda adalah orang kantoran yang banyak duduk di belakang meja, ada baiknya jika menggerakkan tubuh sejenak selama 5-10 menit setiap 2 jam sekali agar badan tidak kaku dan stres. (TA)

Link Banner Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Berikut Tips Sehat Pasca Lebaran

Komline – Momen lebaran merupakan ajang silaturahmi bersama keluarga, tetangga, sahabat ataupun relasi. Sehingga pada …