Home / Berita Tokoh / Ir. Sri Meliyana : Esensi Momentum Hari Pancasila 1 Juni

Ir. Sri Meliyana : Esensi Momentum Hari Pancasila 1 Juni

Link Banner

Komline,Sumatera Selatan *”Penerapan Ideologi Pancasila Di Kehidupan Sehari-Hari”*

Pancasila adalah dasar ideologi bangsa Indonesia. Di usianya yg ke 73 tahun masih terus diperbincangkan ke ~ luar biasa~ an nya. Sebuah Ideologi yg ditetapkan oleh para pendiri bangsa untuk menyelamatkan Indonesia dalam mengarungi kehidupan berbangsa dan bernegara, merekat segala perbedaan, memperkuat persatuan dan memelihara keberagaman.

Berbagai upaya dilakukan oleh para Pemimpin Bangsa pasca kemerdekaan. Pancasila berkembang dari sebuah ideologi lalu menjelma menjadi dogma yg coba dimasukkan ke kehidupan bangsa melalui program BP7, P4, dan kemudian diperas lagi menjadi Azas Tunggal. Menghilang sesaat dalam 1 dasawarsa reformasi  dan menggeliat lagi dalam kesatuannya pada 4 Pilar Berbangsa dan Bernegara dalam beberapa tahun terakhir ini.

Pasang surut membumikan Pancasila terus terjadi dari masa ke masa sepanjang umur Pancasila itu sendiri. Adakah yg salah atau keliru sehingga sampai saat ini Pancasila masih belum berhasil menciptakan karakter kuat bangsa?. Bahkan dengan sangat sedih kita harus melihat bahwa moralitas dan karekter bangsa semakin memprihatinkan?. Korupsi, faham radikal, kekerasan, penyimpangan perilaku dan banyak hal lain yg sangat bertentangan dengan Pancasila menjadi berita dan tontonan kita dari hari ke hari.

Tidak ada yg salah dari Pancasila, bahkan hampir sempurna sebagai idiologi suatu bangsa. Yg salah adalah kita. Pancasila baru sampai ke pemahaman belaka, belum sampai pada pengamalannya. Pancasila baru sebatas ilmu, tidak akan ada manfaat apa apa jika ilmu tersebut tidak diamalkan. Ilmu ibarat sebuah pohon dan pengamalan ilmu itu adalah buahnya.

Ir.Sri Meliyana

 Anggota DRR-RI KOMISI X 

Untuk memetik buah dari ilmu Pancasila, maka pada peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 2018, Ir. Sri Meliyana, anggota DPR RI komisi X fraksi Gerindra, mengajak kita semua untuk bersama *mengamalkan nilai-nilai Pancasila*. “Pancasila mempunyai esensi yang sangat penting, kita dituntut tak hanya hafal ke lima sila yang ada didalam Pancasila, namun nilai-nilai dalam ideologi Pancasila tersebut harus kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari.”

Bagaimana mengamalkannya?. Tetaplah duduk baik baik ditempat kita masing masing. Jika pelajar, tekunlah belajar dan tuntutlah segala ilmu dalam kebaikan. Jika guru, transferlah segala energi positif kepada siswa. Jika orang tua, berikan bimbingan dan contoh yang baik bagi keluarga. Jika pemerintah, berjuanglah untuk mewujudkan butir butir Pancasila bagi warga negaranya. Berikan contoh nyata, bukan hanya tebar pesona.

Tingkatkan toleransi, hormati perbedaan, hargai keberagaman, rekat erat persatuan, perjuangkan sepenuh hati kesejahteraan rakyat. Hanya dengan cara itu Pancasila akan berkhasiat.

(SN)

Link Banner Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Pembangunan Jembatan Ogan Tanjung Kemala Ditandai Dengan Peletakan Batu Pertama Oleh Bupati OKU

Komline, Baturaja – Hari Senin (13/08) Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Drs H Kuryana Azis …