Home / Peristiwa / Ishak Warga Mesuji Mengeluhkan Sungai Mesuji Yang Meluap Hingga Masuk Rumahnya

Ishak Warga Mesuji Mengeluhkan Sungai Mesuji Yang Meluap Hingga Masuk Rumahnya

Link Banner Link Banner

Komeringonline.com – Mesuji Raya, OKI, Sumsel. Sungai Mesuji kembali meluap akibat curah hujan yang terjadi disepanjang malam, pada akhir akhir ini membuat desa Embacang dan sekitar nya kembali direndam banjir.

Luapan sungai Mesuji ini meluber hingga merendam pemukiman warga yang ada dipinggiran sungai desa Embacang yang membuat warga harus berkemas-kemas menyelamatkan barang barang nya ke rumah sanak saudara ataupun tetangga yang rumahnya tidak tergenang oleh air yang diakibatkan luapan sungai mesuji.

Desa Embacang, Kecamatan Mesuji Raya, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatra Selatan merupakan desa tertua yang ada di Kecamatan Mesuji raya. Desa ini sudah ada sejak zaman marga, yang memang tidak asing lagi dengan yang namanya banjir tahunan.
Namun, banjir yang terjadi dalam beberapa tahun ini membuat warga resah, sebab diera tahun 1990 tidak pernah terjadi yang namanya banjir merendam rumah warga hingga ketinggian hampir lutut orang dewasa, karena warga desa Embacang ini sebelum mereka mendirikan rumah, mereka terlebih dahulu mengukur ketinggian air pada saat musim banjir tahunan tiba.
Dari sinilah mereka tau ukuran tiang rumah yang ingin mereka buat, dan biasanya ukuran tiang itu diperpanjang hingga satu setengah meter dari ketinggian air pada saat musim banjir tiba, “ujar Ishak warga setempat.

Masih menurut ishak, ‘’ banjir yang terjadi akhir akhir ini disebabkan adanya penyempitan sungai Mesuji yang melintasi desa Embacang sampai Muara Dabuk. Penyempitan sungai ini terjadi akibat pembuatan tanggul tanggul perusahaan yang ada di daerah Embacang dan sekitarnya. Akibatnya rawa rawa yang dulunya dialiri air sungai Mesuji pada saat musim banjir, sejak adanya tanggul tersebut rawa rawa itu menjadi kering, terus terang saya merasa dirugikan dengan adanya banjir ini, tapi mau bagaimana lagi yang namanya kita ini orang kecil tak bisa berbuat banyak. Namun, harapan saya kepada pemerintah dan perusahaan agar mencari solusi supaya kami terbebas dari musibah banjir ini “, tutur Ishak saat dikonfirmasi di kediamannya , Jum’at 15/12/2017. (sandi)

Link Banner Link Banner Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Raih 8 Penghargaan Zona Integritas, Menperin Digelari Pemimpin Perubahan

Komline, Jakarta – Kementerian Perindustrian terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada stakeholders, dunia industri dan masyarakat luas …