Home / Berita Tokoh / Kabupaten Lahat Sasaran Empuk Pengedar Dan Bandar Narkoba

Kabupaten Lahat Sasaran Empuk Pengedar Dan Bandar Narkoba

Link Banner

Komline, Lahat– Perkara kasus narkoba memang menjadi momok yang paling menakutkan dan sangat membahayakan bagi kelangsungan hidup manusia.

Salah satunya yang berhasil diungkapkan oleh Satuan Reses Narkoba Polres Kab. Lahat Sumatera Selatan adalah tingginya penyalahgunaan obat terlarang dan adanya kasus-kasus peredaran gelap narkoba.

Tercatat dari berbagai lansiran yang beredar dalam dua triwulan terakhir, Satres Narkoba Kab. Lahat menginformasikan perkara kasus Narkoba jenis sabu mengalami kenaikan, sementara untuk ganja mengalami sedikit penurunan.

Dari data yang di release Polres Lahat, dalam dua triwulan terakhir, terjadi kenaikan signifikan terhadap penyalahgunaan Narkoba jenis sabu dan ekstasi. Di triwulan pertama (Januari-Maret) 2019 sudah tercatat 18 Lapas mengungkap kasus Narkoba jenis sabu dengan penemuan barang bukti sebanyak 32,2 gram.

Sementara itu, pada triwulan dua angka tersebut meningkat mencapai 33,3 persen, dengan 24 LP dengan berat mencapai 189,445 gram sabu. Ditambah lagi soal perkara Narkoba jenis ekstasi meningkat mencapai 100 %. Jika triwulan 1 ada 2 kasus dengan jumlah barang bukti 18 butir, pada triwulan 2 meningkat menjadi 4 kasus dengan jumlah barang bukti sebanyak 72 butir.

Kapolres Lahat, AKBP Ferry Harahap SIK, melalui Kasat Narkoba, AKP Bobby Eltarik, mengatakan perkara barang haram tersebut mengalami peningkatan yang sangat tinggi. “Memang untuk perkara Narkoba jenis sabu mengalami peningkatan. Apalagi untuk inek atau ekstasi malah mengalami peningkatan hingga 100 persen,” ujarnya.

Hal tersebut cukup menyita keprihatinan di Bumi Seribu Megalith, yang dikhawatirkan lagi para pengedar dan bandar Narkoba semakin meluas menyebar jaringan obat terlarang tersebut. Hal ini juga terlihat dari jumlah tersangka yang diamankan dalam dua triwulan terakhir rata-rata merupakan pengedar.

“Untuk status tersangka memang rata-rata pengedar. Pada triwulan 1 kita amankan 10 pengedar, 21 pemakai dan 3 penanam. Sedangkan pada triwulan 2 ada 21 pengedar, dan 18 pemakai,” kata AKP Bobby Eltarik.

(Erni)

Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Komunitas Hijau Kab.Ogan Ilir Gelar Workshop Pengendalian Kerusakan Perairan Darat

Komline,Ogan Ilir – Pemerintah kabupaten Ogan Ilir menggelar Workshop Pengendalian Kerusakan Perairan Darat.Bertempat Di Pendopo’an …

%d bloggers like this: