Home / Berita Tokoh / Politik Dan Hukum / Kapolri Tito Karnavian : Tidak Pernah Disebut Kivlan Zen Dalang Kerusuhan Aksi 22 Mei 2019

Kapolri Tito Karnavian : Tidak Pernah Disebut Kivlan Zen Dalang Kerusuhan Aksi 22 Mei 2019

Link Banner

Komline,Jakarta- Kapolri Tito Karnavian menjelaskan terkait proses penyelidikan dan penyidikan kasus kerusuhan 22 bahwa Mayjen (Purn) Kivlan Zen memerintah para eksekutor untuk membunuh 4 tokoh nasional dan satu pemimpin lembaga survei. Pengungkapan tersebut akhirnya menimbulkan berbagai persepsi yang bekembang di dalam masyarakat bahwa Kivlanlah yang dituduh dalang kerusuhan ini.

Persepsi tersebut langsung disanggah oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Tito menegaskan, Polri tidak pernah menyebut Kivlan merupakan dalang kerusuhan.

“Tolong dikoreksi bahwa dari Polri tidak pernah mengatakan dalang kerusuhan itu adalah Pak Kivlan Zen. Enggak pernah,” ujar Tito usai Apel Operasi Ketupat, di Monas, Jakarta, Kamis (13/6) kemarin.

Kapolri Tito menyebutkan bahwa yang disampaikan oleh Kadiv Humas Polri di kantor Kemenkopolhukam merupakan kronologi peristiwa 21-22 Mei. Dalam penjelasan itu, disampaikan ada dua segmen kelompok damai dan kelompok rusuh.

Kelompok yang rusuh inilah yang ditindak oleh polisi. Mereka membawa bom molotov, panah, parang, ada roket mercon, dan batu. Selain itu, ada ambulans yang justru diisi dengan batu. Dengan begitu, dapat disimpulkan, kelompok perusuh ini memang di-setting.

“Tapi tidak menyampaikan itu Pak Kivlan Zen (dalang), hanya disampaikan dalam peristiwa itu ada korban sembilan orang meninggal dunia di samping luka-luka baik dari kelompok perusuh maupun dari petugas,” jelas dia.

“Petugas itu 237 yang terluka, 9 dirawat, satu rahang pecah. Banyak tidak di-cover. Sembilan ini ada luka karena kekerasan tumpul karena pukulan petugas, bisa karena dilempar batu oleh perusuh lain,” sebutnya.

Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Tersangkut Hukum di NegaranyaDua Perampok Emas 1,6 Kilogram Asal Malaysia Belum Bisa Dibawa ke Indonesia

Tangerang – Petualangan Muhammad Nazri Fadzil (26) dan Muhammad Nur Iskhandar (24), tersangka perampokan di …

%d bloggers like this: