Home / Berita Tokoh / Karang Taruna Banjar Negara Desa Harjowinangun Kab.Oku Timur Ajak Masyarakat Buka Bersama Di Akhir Bulan Ramadhan

Karang Taruna Banjar Negara Desa Harjowinangun Kab.Oku Timur Ajak Masyarakat Buka Bersama Di Akhir Bulan Ramadhan

Link Banner

 

Komline,Oku Timur -Pada 3 juni 2019 Karang Taruna Banjar Negara Desa Harjowinangun adakan buka bersama Masyarakat untuk menutup akhir bulan Ramadhan. Buka puasa ini di lakukan di Masjid Jami Sabili Rosyad Dusun Banjar Negara, Desa Harjowinangun, Kecamatan Belitang, Kabupatn Oku Timur, Provinsi Sumatera Selatan.

Dengan di adakannya buka bersama Masyarakat betujuan untuk menjalin ukhuwah insaniyah dan ukhuwah islamiyah, tidak lain yakni guyub rukun dalam menjalin kekulargaan masyarakat setempat di akhir penutup bulan Ramadhan.

Buka bersama ini inisiatif dari Karang Taruna yang aktif dalam keorganisasian masyarakat guna mangaplikasikan nilai-nilai religiusitas di bulan Ramadhan.

Antusias masyarakat pun sangat mendukung adanya buka bersama ini, karena hal ini sebagai ajang menjalin kekeluargaan yang harus di lestarikan dan di budayakan, ujar Bapak Yunus salah satu tokoh masyarakat.

Kemudian ketua pelaksana dalam sambutannya menyampaikan, sangat beribu terimakasih atas dukungan serta simpatisan dari masyarakat, karena tidak adanya dukungan baik moral maupun materil buka bersama ini mungkin tidak akan terlaksana. Di sisi lain, ketua pelaksa yakni Frayugo, mengajak adik-adik muda-mudi untuk melanjutkan dan men-estafetkan kegiatan seperti ini, karena kagiatan ini adalah kegiatan yang positif dan sangat di dukung oleh masyarakat, perangkat dusun serta perangkat Desa Harjowinangun. Dari Karang Taruna sendiri mengkonsep dengan optimalisasi nilai religuisitas di bulan Ramadhan yang dikemas secara simple dalam teknis pelaksanaannya.

Kegiatan buka puasa ini masyarakat tidak hanya datang lalu makan, namun ada kegiatan sebelum menjelang buka puasa yakni adanya chek up gratis pukul 13.00 – 16.00 (Tensi darah, kolestrol, gula darah, dan asam urat), dan kegiatan ini terbuka umum untuk masyarakat setempat. Alhamdulillah masyarakat banyak yang datang untuk melakukan chek up gratis tersebut. Kemudian menjelang buka puasa pada pukul 17.00 – 18.00 di sarasehan Qultum dan di lanjut mendoakan almarhum-almarhumah yang sudah meninggal mendahului. Dan terakhir di tutup dengan sholat magrib berjamaah dan buka bersama.

Penulis : Abdul Majid (Anak Petani), Mahasiswa Sosiologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Praktek Jual Beli Ijazah Akan Merugikan Sistem Pendidikan, Diduga Bupati di kabupaten lahat Menggunakan Ijazah Palsu

Komline ,Jakarta– Praktek jual beli ijazah palsu di Indonesia sangat marak, banyak sekali praktek jual …

%d bloggers like this: