Home / Gaya Hidup / Keliling Pasar Lantaran Ngidam Roti Koing Yang Langka

Keliling Pasar Lantaran Ngidam Roti Koing Yang Langka

Link Banner

Komline – Bagi masyarakat Sumatera Selatan, nama roti koing sudah tidak asing didengar, lantaran masih sering menjadi makanan favorite terutama di saat bulan puasa tiba.

Untuk memenuhi keinginan saudara saya (red.) yang sedang hamil muda dan ngidam roti koing, saya pun menuju pasar yang ada di Baturaja, Kabupaten OKU.

Yang pertama saya masuki adalah pasar baru Baturaja. Namun sayang sekali, satu persatu juragan toko bahkan warung yang biasa menyediakan stok roti koing mengatakan saat ini sedang kosong.

” Wah, kalo sekarang belum ada, entar deh mbak, sekitar pertengahan bulan April udah mulai banyak lagi stoknya, sebab bulan April sudah mendekati bulan puasa “, begitu jelas Koh Andi pemilik Toko sekaligus agen besar bermacam-macam roti di Baturaja.

Masih dengan rasa penasaran lantaran keinginan untuk menikmati Roti Koing yang sudah kadung membuat saya jadi rindu, sekaligus untuk memenuhi keinginan saudara saya yang sedang ngidam, akhirnya perburuan Roti Koing saya lanjutkan ke lokasi Pasar atas (Pasar pucuk) Baturaja.
Namun, hasilnya tetap sama, belum ada stok persediaan Roti Koing. Dengan sedikit rasa kecewa karena keinginan untuk menikmati Roti Koing, akhirnya saya memutuskan menggantinya dengan membeli roti bakar saja.

Sahabat Komline, dikalangan masyarakat Sumsel Roti Koing sering tersaji terutama pada saat berbuka puasa di bulan Ramadhan. Nama lain dari Roti Koing adalah Roti Raden.

Roti Koing biasa berdampingan bersama teh hangat, susu hangat atau juga berdampingan dengan kolak pisang, canil dan lainnya.
Roti Koing sedikit keras dan rasanya mirip roti tawar , untuk menjadikannya lembut, maka sebelum dimakan di rendam terlebih dahulu dengan air hangat yang tersebut diatas tadi.

Jika dulu, beberapa tahun silam Roti Koing masih dapat ditemukan dengan mudah di pasar maupun warung, tidak mesti harus menunggu bulan puasa, namun kini keberadaannya sudah sangat sulit didapatkan, kecuali menjelang puasa dan lebaran.
Sehingga makanan cemilan dari Roti Koing kini semakin langka, meskipun semakin dirindukan. (mara)

Link Banner Link Banner Link Banner
Facebook Comments

Check Also

DR drh Rotua Wendeilyna, MSi caleg Perindo geram dengan oknum pencabutan APK di wilayahnya

Komline-Jakarta.DR drh Rotua Wendeilyna, MSi menyayangkan aksi perusakan APK (stiker caleg) di blok D 1 …