Home / Berita Tokoh / Kemplang Peser Ikan Gabus Produk Unggulan Desa Simpang Tiga

Kemplang Peser Ikan Gabus Produk Unggulan Desa Simpang Tiga

Komline,OKI– Desa Simpang Tiga adalah salah satu Desa Di Pesisir Pantai Timur Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatra Selatan.

Daerah yang berjumlah Kurang lebih dari 200 Kepala Keluarga ini dengan luasan desa 18.529.4 Ha. Desa Simpang Tiga ini memliki hampir 90 % daerah dataran rendah denga luasan rawa gambut 4. 057,93 berdasarkan hasil Pemetan Pada Tahun 2018. Dengan hasil identiffikasi dan survey lapangan desa Simpang Tiga Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten OKI hampir 85 % mata pencarian masyarakat ada terbagi menjadi 2 ( dua ) yaitu pencari ikan local dan bertani.

Budi daya ikan rawa Ikan Gabus Menjadi salah Satu Unit Usaha Masyarakat yang banyak dicari orang sebagai bahan tambahan olahan dan sebagai konsumsi sendiri . selain itu pontensi ada didesa Simpang Tiga dengan kondisi dan stuktur lahan dan kondisi rawa-rawa yang banyak ikan rawa local.


Adapun tempat pemasarannya dikalangan local dan pasar kecamatan bahkan lebih jauh lagi ke dalam kota provinsi yang permintaan lebih banyak . selian itu juga promosi dari pintu kepintu adalah salah satu cara pemasaran yang langsung bertemu muka dengan konsumen selain itu juga menjaga silatuh rahmi. Selain itu juga media seperti media cetak , spanduk brosur , dan reklame adalah salah satu cara berpromosi dengan berbagai cara.

Semangat menggembangkan pokmas bapak effendi bersama dengan bumdes do’a Suci mengembangkan produk turunan dari berbagi kegiatan tersebut yaitu Kemplang perer ikan gabus dan Ikan asap ikan gabus. Ini adalah salah satu wujud pokmas agar hasil dari potensi ikan gabus ini tidak terhenti didalam kegaiatn budidaya akan tetapi menjadi berrkelajutan dan menjadi ciri khas dari desa Simpang Tiga Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan. Dengan harapan budi daya ikan dan Pengolaan ikan Gabus menjadi Tambahan Penghasilan dan Menjadi produk unggulan desa.(23/01/2020)

Link Banner
Facebook Comments

Check Also

KOMI Batur Lauq: Ziadi Sosok Pemimpin yang Dibutuhkan Lombok Tengah

Komline, ­­­­Jakarta– Dukungan kepada pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lombok Tengah Ahmad …

%d bloggers like this: