Home / Curhat Om / Kepercayaan Dan Rakyat

Kepercayaan Dan Rakyat

Link Banner

Komline,Jakarta- Saudaraku, pembangunan ekonomi dan politik harus dimulai dari usaha memulihkan rasa saling percaya bahwa rasionalitas kepentingan individual tak akan dibayar oleh irasionalitas kepentingan kolektif. Kepercayaan bahwa warga negara akan mendapatkan politik sesuai dengan perilakunya harus diubah dengan kepercayaan bahwa politik terpercaya akan mendapatkan partisipasi politik yang sepadan dengannya.

Dalam hal ini, ada baiknya kita menyimak pernyataan Lee Kuan Yew mengenai ”trust”, sebagai modal terpenting dalam usahanya mentransformasikan Singapura yang miskin menjadi negara maju. ”Modal kami cuma kepercayaan dan keyakinan rakyat, kerja keras, hemat, haus belajar, serta kesadaran bahwa tindakan korup akan menghancurkan segala harapan.” Lantas ia tekankan, “Jangan sia-siakan kepercayaan rakyat. Sebab, modal terbesar untuk perubahan adalah kepercayaan dan keyakinan rakyat. Tugasku adalah untuk memberikan harapan kepada rakyat, bukan untuk membuatnya mengalami demoralisasi.”

Soooo… setiap orang berlomba – lomba menghianati sesama dan negaranya. Kebaikan dimusuhi, keburukan diagungkan. Sehingga menumbuhkan dan menyuburkan ketidak percayaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karena perilaku manipulasi, kebohongan dan teror dalam merebut kekuasaan harus jauh dari kehidupan politik kita.

Marilah kita muliakan rasa saling percaya, dengan kesungguhan mengemban kepercayaan publik, dibarengi semangat saling berbagi dan saling menghormati.

Jika bangsa ini kehilangan sumberdaya material, kita cuma kehilangan sesuatu. Jika kita tak kunjung melahirkan pemimpin yang tepat. Maka bangsa ini kehilangan karakter dan kita akan kehilangan segalanya.

 

Hasbi Prabumulih

Forum Honorer Indonesia

(SN)

Link Banner
Facebook Comments

Check Also

JOKOWI : “PECAT PNS MALAS !”

Saya selama dua tahun berada disekitar PNS. Sebagai profesional pada waktu itu, saya heran melihat …

%d bloggers like this: