Home / Kuliner / Kulit Anak Raja Buah Yang Dikemas Dengan Berbagai Olahan

Kulit Anak Raja Buah Yang Dikemas Dengan Berbagai Olahan

Link Banner

Komline, Palembang- Sekarang lagi musim apa didaerah sahabat komline, ada buah durian, duku, rambutan ? Tampaknya di pasar lokal Palembang sedang banyak musim buah ya, (6/2).

Nah, selain musim si Raja buah ada lagi nih salah satu buah yang bentuknya unik seperti buah nangka, rasanya muantap, dan dan aromanya menusuk seperti Raja buah (durian) membuat anda melahapnya hingga habis.

 

Ya, siapa yang tidak kenal dengan buah cempedak atau dalam bahasa ilmiahnya A. Chmapeden. Di daerah Palembang, buah ini dipanggil dengan nama cempedak atau masih masuk dalam famili moracea. Buah ini hidup di daerah tropis seperti di pulau Sumatera, Kalimantan, Maluku dan beberapa daerah tenasserim lainnya di Indonesia.

Cempedak memiliki batang pohon yang cukup tinggi. Dengan posisi buah yang saling berdempet atara satu buah cempedak dengan cempedak yang lain.

Didalam Buah cempedak memiliki biji yang sangat mirip dengan buah nangka, hanya saja bentuk buah cempedak lebih kecil dari buah nangka juga tekstur dari buah cempedak ini lebih lembut dari buah nangka.

Buah cempedak, selain bisa dimakan langsung, semua bagian dari cempedak ini dapat di olah ya. Buat emak-emak yang suka masak coba nih salah satu resep dari Siska.

Yang uniknya lagi, kulit cempedak dapat dibuat sebagai lauk pauk.

Kulit cempedak yang sudah dikupas dari kulit hijaunya, cuci bersih, kemudian potong kecil saja atau diiris sekitar 1 piring tapi tidak penuh dan tidak terlalu memanjang.

2 cabai hijau besar, diiris serong.

2 cabai merah besae, juga diiris serong.

Siapkan Udang rebon, kemudian garam secukupnya.

Siapkam bumbu halusnya seperti 3 siung bawang putih, 3 siung bawang merah, jangan lupa bagi anda penyuka pedas tambahkan 5 buah cabai rawit atau bisa lebih sesuai kebutuhan.

Caranya kulit cempedak yang sudah diolah dan dibersihkan terlebih dahulu digoreng sampai berwarna kekuningan. Kemudian bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan juga ditumis sampai wangi, tambahkan cabai dan juga udang rebon, tambahkan garam dan juga 1 sendok gula.

Masukkan cempedak dan aduk hingga rata didalam bumbu yang sudah ditumis, dan jangan lupa tambahkan sedikit air. Aduk-aduk , tunggu hingga matang. Jangan lupa, kalau masak tumisan Kulit cempedak makannya dengan nasi hangat ya.(sn)

Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Masyarakat Tangerang Demam Seblak Mplon Komline Yang Terkenal Pedaaas!

Komline, Jakarta- Yuhuu, Komliners Food, bagaimana dengan cita rasa seblak yang sudah kamu coba? Berbeda …