Home / Berita Tokoh / Mantan Ketua Umum Cipayung Plus Desak Pemerintah Tuntaskan Capim KPK

Mantan Ketua Umum Cipayung Plus Desak Pemerintah Tuntaskan Capim KPK

Link Banner

Komline,Jakarta-Sepuluh mama calon pimpinan (Capim) KPK telah diserahkan pansel kepada Presiden. Kemudian, nama-nama itu pun disetujui oleh Jokowi dan dikirim ke DPR untuk dilakukan fit and propper test hingga nantinya menjadi lima nama. Namun, muncul beberapa polemik terkait hal itu.

Menanggapi hal tersebut, Jaringan Kaum Muda (Jarkam) memberikan beberapa catatan penting terhadap Capim KPK yang sudah diserahkan Pansel kepada Jokowi tersebut. Catatan itu disampaikan melalui saat konfrensi pers di Restoran Handayani, Matraman, Jakarta Timur, Jumat (6/9).

Salah satu perwakilan Jarkam Chrisman Damanik mengatakan, masyarakat sebaiknya bisa lebih dulu mengapresiasi kinerja pansel capim KPK. Sebab, bagaimanapun mereka telah bekerja menjalankan tugasnya menyeleksi putra-putri terbaik bangsa untuk memimpin KPK.

“Kita tahu, sepanjang Pansel Capim KKP menjalankan tugasnya tidak ada peraturan perundang-undangan yang dilangar. Tentu ini harus dihormati,” ujar Chrisman.

Selain itu, Chrisman, menambahkan pihaknya meminta Presiden dan DPR RI untuk tetap fokus dan konsisten dalam penentuan keputusan-keputusan terkait capim KPK. Karena bisa dipastikan akan banyak pengaruh dari pihak-pihak yang tidak memiliki hak dan kewenangan terkait pemilihan pimpinan KPK tersebut. Apalagi, lanjutnya, sampai harus menekan-nekan Jokowi dan DPR dalam penentuan pimpinan KPK.

Jika sampai terus gencar menekan, justru kita jadi penasaran. Ada kepentingan apakah di balik itu?,” tanya Chrisman.

Menurut Chrisman, Jokowi dan DPR pasti objektif memilih pimpinan KPK. Selain itu, Jarkam juga siap menjadi mitra kritis dan strategis dalam pemberantasan tindak pidana korupsi di Indonesia.

Hadir pada kesempatan konfrensi pers adalah Chrisman Damanik, Mulyadi Tamsir, Sahat Martin Philip Sinurat, Beni Pramula, Nizar Ahmad Saputra, Munawar Khalil dan Karman BM.

(Red)

Link Banner
Facebook Comments

Check Also

GPMK Tolak Keras Hasil Revisi UU KPK

Komline– Gerakan Pemuda Melawan Korupsi (GPMK) Yogyakarta menolak dengan tegas pelemahan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi …

%d bloggers like this: