Home / Berita Tokoh / Maraknya Ijasah Asli , Namun prosesnya Palsu Berikut Katagorinya !

Maraknya Ijasah Asli , Namun prosesnya Palsu Berikut Katagorinya !

Link Banner

Komline, Jakarta– Ijazah palsu kembali menghebohkan dunia pendidikan Indonesia. Mahasiswa kembali mempertanyakan keseriusan Kemenristek untuk menutup Universitas/perguruan tinggi yang diduga memberikan ijazah palsu .

Ijazah palsu dalam arti yang sebenarnya yaitu dari perguruan tinggi yang tidak berijin, atau ijazah yang diberikan tiba-tiba pada seseorang dengan harga hingga puluhan juta, relatif mudah diungkap. Biasanya perguruan tingginya tidak memiliki gedung yang representatif seperti yang disorot media pada perguruan tinggi yang diduga palsu . ijazah model ini biasanya tidak akan laku untuk dipakai bekerja. Paling-paling dipakai untuk gaya atau bahkan menipu orang awam.

Selain ijazah palsu tersebut, ada juga ijazah palsu jenis lainnya. Banyak pihak yang sudah tahu terkait ijazah seperti ini dan mungkin saja menggunakannya. Ijazah ini benar-benar asli namun mendapatkannya tidak asli layaknya mereka yang kuliah dan belajar dengan sungguh-sungguh.

Perguruan tinggi yang memberikan ijazah ini memiliki izin, memiliki gedung yang representatif dan memiliki banyak mahasiswa layaknya perguruan tinggi yang tidak bermasalah.

Namun entah bagaimana bisa, perguruan tinggi tersebut juga memberikan ijazah kepada orang yang tidak menempuh pendidikan dengan layak. Yang penting bisa membayar puluhan juta, maka ijazah dipastikan akan didapatkan. Tidak perlu hadir kuliah, tidak perlu belajar, tidak perlu mengerjakan tugas, apalagi riset dan membuat skripsi ataupun tesis. Semuanya sudah diatur.

Tinggal tunggu sesuai waktunya, maka prosesi wisuda pun bisa diikuti lalu mendapatkan ijazah yang benar-benar asli dan legal. Mereka tidak mengikuti proses perkuliahan sebagaimana mestinya, namun mendompleng perkuliahan normal yang sedang dilaksanakan perguruan tinggi yang sama.

Mereka yang ingin mendapatkan ijazah asli ini, biasanya yang sudah memiliki pekerjaan namun ingin meningkatkan karirnya. Mereka bisa saja bekerja di pemerintahan ataupun di perusahaan. Akan tetapi, kemampuan mereka tidak sebanding dengan ijazah yang dimiliki ataupun gelar yang digunakannya dalam pekerjaan. Tes saja mereka untuk membuat suatu karya tulis ilmiah, maka dijamin mereka tidak akan mampu melakukannya.

Untuk mengetahui praktek ijazah palsu jenis ini diperlukan semacam penyelidikan yang relatif ,  Harus mencoba ingin mendapatkan ijazah dan gelar dari perguruan tinggi tertentu yang dicurigai, mengikuti tata caranya, dan yang terpenting siapkan uang puluhan juta rupiah .

(Hb)

Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Akademisi Prihatin Dengan Dugaan Ijazah Palsu kepala Daerah Di Sumatera Selatan

Komline,Jakarta– akademisi jebolan UGM Dwi Hidayat sekaligus Mantan ketua program studi ilmu pemerintahan Universitas 45 …

%d bloggers like this: