Home / Berita Tokoh / Masyarakat Nantikan Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo Tuntaskan Sejumlah Kasus Mangkrak Di Mabes Polri !

Masyarakat Nantikan Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo Tuntaskan Sejumlah Kasus Mangkrak Di Mabes Polri !

Link Banner

Komline , Jakarta- Jabatan Kabareskrim Perwira tinggi (pati) Polri yang menduduki jabatan itu adalah komjen Listyo Sigit Prabowo, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri.

Komjen Listyo Sigit Prabowo menggantikan Jenderal (Pol) Idham Azis yang dilantik sebagai Kapolri sejak 1 November 2019.

Sejumlah kasus yang ditangani Bareskrim Mabes Polri baik dugaan tindak pidana korupsi maupun pidana umum hingga akhir tahun 2019 penyelesaian tidak jelas. Apakah berhenti ditengah jalan atau tidak pernah ditindak lanjuti alias jalan ditempat atau mangkrak. Padahal kasus itu bergulir dan ditangani sejak beberapa tahun yang lalu.

Sejumlah kasus dugaan tindak pidana korupsi yang mangkrak diantaranya kasus pelindo II dan Kasus Dugaan Korupsi Cetak Sawah Didepartemen Pertanian .

Sementara kasus tindak pidana umum yang mangkrak dan menjadi perhatian publik  kasus pemalsuan dokumen administrasi yang diduga menjerat mantan Ketua KPK Abraham Samad , Kasus Bambang Widjojanto , Serta yang tak kalah heboh  Kasus Dugaan Ijasah Palsu Bupati Lahat Juga Menyorot Perhatian Publik .

1. Kasus Korupsi Pelindo II 

Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Badan Reserse Kriminal (Dittipideksus Bareskrim) polri telah menangani kasus dugaan korupsi 10 mobile crane Pelindo II yang menjerat tersangka mantan Direktur Utama Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II) Richard Joost Lino atau yang akrab disapa RJ Lino.

Kasus korupsi tersebut sejak penyidikan pada November 2016 hingga sampai saat ini tak kunjung dilimpahkan ke Kejaksaan Agung (Kejagung) alias masih mangkrak. Dalam kasus itu, RJ Lino telah ditetapkan sebagai tersangka karena diduga terlibat dalam kasus korupsi pengadaan 10 mobile crane Pelindo II. Negara diduga hingga Rp37 miliar.

2. Kasus Dugaan Korupsi Cetak Sawah di Departemen Pertanian .

Sejak 2018, Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri masih mendalami dengan melakukan penyidikan dugaan korupsi cetak sawah di Ketapang, Kalimantan Barat. Pada waktu itu kasus korupsi tersebut masih berlanjut, namun hingga kini penyelesaian tidak jelas alias mangkrak.

Kasus Pidana Umum Mangkrak di Polri 

1.Kasus Abraham Samad 

Selain kasus dugaan tindak pidana korupsi, ada beberapa kasus fenomenal yang mangkrak, seperti kasus mantan pimpinan KPK Abraham Samad terkait dugaan pemalsuan dokumen administrasi kependudukan tahun 2007, dan kasus dugaan penyalahgunaan wewenang dalam pertemuan dengan petinggi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) saat pilpres pada pertengahan 2014 lalu.

2. Kasus Bambang Widjojanto

Kemudian, kasus yang menjerat Bambang Widjojanto (BW), yang ditetapkan sebagai tersangka karena diduga telah menyuruh saksi memberikan keterangan palsu di bawah sumpah dalam sidang sengketa pengurusan Pilkada Kotawaringin Barat di Mahkamah Konstitusi (MK) pada 2010 lalu.

“Ketika itu, BW berprofesi sebagai penasihat hukum calon Bupati Kotawaringin Barat, Ujang Iskandar,”

Dan yang tak kalah heboh  dan cukup menjadi perhatian publik serta mempertanyakan profesional kepolisian yaitu Mabes Polri .

3 .Kasus Dugaan Ijasah Palsu Bupati Lahat

Salah 1 kasus Misteri dugaan ijasah palsu bupati lahat masih menjadi pertanyaan semua pihak , ada apa dengan penegak hukum yang terkesan memperlambat dan terbilang Magkrak  dalam mengungkap kasus dugaan ijasah palsu bupati lahat Sumatera Selatan , yang dilaporkan pada bulan maret 2019 ke Bareskrim Mabes Polri  hingga sampai saat ini belum ditindak lanjuti .

Bahkan Hasil Investigasi gerakan Koalisi Mahasiswa Pemuda Peduli Integritas Kampus (KAMPAK) tersebut telah menemukan fakta di lapangan dengan bukti-bukti yang dimiliki sudah terbilang cukup , untuk melanjutkan kasus ini .

Kasus Dugaan praktek Jual Beli Ijasah yang diduga dilakukan oleh Bupati Lahat Sumatera Selatan  Cik Ujang ini masih menjadi Misteri yang belum terungkap , bahkan kini masyarakat mempertanyakan profesional Kepolisian dalam mengungkapkan kasus pejabat ini , jangan sampai ada oknum-oknum penyidik  yang bermain dalam menutupi kasus ini .

Kini masyarakat menaruh harapan besar kepada Kabareskrim baru Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri baru, Komjen Listyo Sigit Prabowo untuk menuntaskan kasus-kasus mangkrak di Mabes Polri .

(Red)

 

Link Banner
Facebook Comments

Check Also

PMU Kemitraan Provinsi Sumsel Dan Project Officer Melakukan Kunjungan ke POKMAS DPG

Komline,PMU DPG Kemitraan Provinsi Sumsel dan Project Officer melakukan kunjungan lapangan terkait penajaman kapasitas kelompok …

%d bloggers like this: