Home / Ekonomi / Mencoba Peluang Bisnis Lidah Buaya Dan Pengembangan Produknya

Mencoba Peluang Bisnis Lidah Buaya Dan Pengembangan Produknya

Link Banner Link Banner

Komline, Palembang- Aloe vera atau di Indonesia dikenal dengan nama lidah buaya adalah tanaman yang sudah ada sejak ribuan tahun silam. Masyarakat Mesir Kuno, dan penduduk dunia telah memanfaat kan tanaman ini sebagai racikan obat sejak 1500 SM.

Baik sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, atau perawatan kulit. Bahkan seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, tanaman ini juga dimanfaatkan sebagai bahan baku dibidang farmasi, kosmetik, makanan dan minuman segar sebagai kesehatan.


Nah, sahabat komline. Jika melirik semakin larisnya pengembangan budidaya tanaman lidah buaya, ada beberapa peluang yang dapat dilakukan jika anda ingin mengembangkannya menjadi sebuah produk yang bernilai jual tinggi dan berdaya saing dengan, pengembangan produk pangan lainnya.

Salah satu produk yang layak untuk dicoba adalah pembuatan selai lidah buaya. Sebagian orang mungkin hanya mengembangkan produk selai yang dihasilkan berupa selai nanas, selai durian, selai kacang, selai stroberri. Namun, kali ini sahabat komline bisa mencobanya dengan membuat selai dari tanaman lidah buaya dari spesies Aloe Chinensis.

Meski namanya Aloe chinensis bukan berarti lidah buaya yang satu ini berasal dari China. Jenis spesies lidah buaya yang satu ini diperkirakan berasal dari Afrika.

Ciri lidah buaya (aloe chinensis) memiliki daun yang berdaging, hijau kebiruan dengan tanda-tanda putih, lanset sampai 12 inci (30cm) panjang, dan memiliki gigi yang berwarna putih menonjol yang menjalar di seluruh helainya.

Selain kuning getahnya digunakan sebagai obat luka bakar. Sebagian besar orang sudah banyak memproduksi sebagai bahan baku makanan dan minuman kesehatan, seperti selai, jus, teh, krupuk, cendol, kue kering dan sirup.

Besarnya potensi pertumbuhan tanaman spesies aloe chinensis, yang dikembangkan menjadi sebuah produk makanan dan minuman bisa mencapai omzet sekitar 10 juta lho perbulan.

Coba ikuti resep dan peluang bisnis baru dari tanaman ini, simak!

Dalam pembuatan selai lidah buaya, ada jenis tertentu yang baik untuk digunakan. Ada 300 lebih jenis lidah buaya yang tersebar di dunia, spesies lidah buaya atau dari Aloe Chinensis inilah yang merupakan jenis lidah buaya yang digunakan untuk membuat makanan dan diolah menjadi produksi rumahan, atau berkelas.

Bahan-bahan:

1. 1 kg daging lidah buaya, (pilihlah helai lidah buaya yang segar dan penuh isinya).

2. 500 gram gula pasir.

3. 0.1% asam aksorbat, atau 1 Gr/liter air atau asam sitrat 0,2% atau 2 Gr/liter.

4. 0.5% natrium benzoat atau 5 Gr/daging buah lidah buaya.

5. 3 Gram agar-agar bubuk atau ½ bungkus.

Peralatan yang dibutuhkan:

1. Baskom berukuran besar.

2. Sendok pengaduk juga berukuran besar.

3. Pisau.

4. Botol kemasan, (jika ingin langsung dipasarkan).

Cara Membuat:

1. Bersihkan lidah buaya, kemudian rendam dalam larutan asam aksorbat selama 15 menit. Lalu tiriskan dan hancurkan dengan blender hingga halus.

2. Hasil hancuran ini dipanaskan terus hingga mendidih sambil diaduk, lalu ditambahkan bahan pengawet benzoat.

3. Setelah gel berbentuk, hentikan pemanasan dan buanglah busa yang ada di permukaan selai.

4. Selai aloe vera bisa langsung dikemas ke dalam kemasan botol.

(atau anda ingin mencoba nikmati sajiannya dinikmati terlebih dahulu sensasi rasa dari selai lidah buaya Aloe Chinensis ini dengan menambahkan roti tawar bersama teh hangat).

Atau mungkin anda tertarik memanfaatkan lidah buaya dengan cara membuat minuman yang segar dicampur es batu , atau ingin membuat dodol lidah buaya. Tentu bisa, manfaat dan pengembangan dari aloe chinenssis (lidah buaya) sangat bisa digunakan untuk apa saja. Well, selamat mencoba !

(sn)

Link Banner Link Banner Link Banner Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Kemenperin Revitalisasi Sentra IKM Tanggulangin

Komline,Jakarta-Kementerian Perindustrian terus berupaya mendorong pertumbuhan industri kulit, alas kaki dan barang jadi kulit. Sektor …