Home / Berita Tokoh / Mendagri Tito Karnavian Menegaskan Kepada Seluruh Kepala Desa Untuk Mensosialisasikan Pencegahan Penyebaran Covid-19

Mendagri Tito Karnavian Menegaskan Kepada Seluruh Kepala Desa Untuk Mensosialisasikan Pencegahan Penyebaran Covid-19

Komline, Jakarta– Semenjak datangnya Covid-19 ke Indonesia, penyebarannya semakin menggila. Setiap hari semakin bertambah jiwa yang terkena Covid-19. Mulai dari didiagnosa positif, meninggal sampai kabar kesembuhan,

Menteri Dalam Negeri; Tito Karnavian, pada agenda rapat siap siaga dalam penanganan Covid-19 di Palembang, Sumatera Selatan pada Sabtu (21/3/2020) menegaskan bahwa pemerintah menghimbau agar masyarakat menghentikan kegiatan yang bersifat ramai, seperti pesta pernikahan, kegiatan olahraga, berkunjung ketempat wisata, hingga kegiatan keagamaan.

Oleh karena itu, Tito menegaskan kepada seluruh kepala desa untuk mensosialisasikan mengenai penanganan Covid-19 ke seluruh lapisan masyarakat, mulai dari tingkat desa, tetangga, keluarga hingga perorangan.

“Jika kebijakan pemerintah mengenai social distancing tidak dapat dilaksanakan dengan baik oleh masyarakat, lebih baik tidak usah dibuat, daripada menimbulkan penularan bahkan membunuh” kata Tito.

Diteruskannya bahwa edukasi mengenai Covid-19 memang belum sepenuhnya menyentuh seluruh lapisan masyarakat, terutama mereka yang tinggal di desa dan belum paham himbauan tersebut. Sehingga masih banyak warga yang tetap saja melaksanakan kegiatan yang mengundang keramaian.

Sementara itu, pemerintah juga sudah mengambil langkah-langkah untuk mencegah pandemi Covid-19 dengan cara meningkatkan edukasi kepada masyarakat yang diantaranya dilaksanakan oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan mengeluarkannya peraturan untuk mempercepat penanganan Covid-19.

Peraturan itu mengatur kewenangan pemerintah daerah agar bisa merevisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan fokus menanggulangi Covid-19 di daerah masing-masing.

Kabarnya, dalam waktu dekat, pemerintah pusat akan mendistribusikan alat rapid test ke daerah-daerah sebagai metode cepat pengetesan Covid-19.

(Amalia)

Facebook Comments

Check Also

Bikin Heboh Pasien Positif Corona di Prabumulih Sumatera Selatan Yang Berkeliaran Keliling Kota

Komline, Sumsel– Warga di Sumatera Selatan sempat dihebohkan dengan sejumlah pasien yang dinyatakan positif Covid-19 …

%d bloggers like this: