Home / Berita Tokoh / Mendagri Tito Karnavian Meninjau Posko Banjir di Kawasan Perumahan Villa Jatirasa, Jatiasih, Bekasi.

Mendagri Tito Karnavian Meninjau Posko Banjir di Kawasan Perumahan Villa Jatirasa, Jatiasih, Bekasi.

Link Banner

Jakarta, Komline,com – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyatakan bahwa Bekasi sudah ditetapkan tanggap darurat. Kemendagri pun menyatakan sudah menyiapkan anggaran untuk daerah tanggap darurat.

“Bekasi sudah menetapkan tanggap darurat,” kata Tito di Perumahan Jatisari, Jatiasih, Bekasi, Jumat (3/1/2020).

Tito mengatakan Kementerian yang dipimpinnya memang menyediakan anggaran untuk tanggap darurat. Anggaran tersebut salah satunya untuk bencana banjir.

“Kita mengerti dari Kemendagri ada anggaran-anggaran yang memang dialokasikan untuk tanggap darurat dan penanganan banjir. Tanggap darurat seperti Bekasi sudah ditetapkan sehingga bisa dikeluarkan anggaran BTT (Belanja Tidak Terduga),” ujar Tito.

“Namun memang pengeluaran itu harus dinyatakan tanggap darurat,” sambung Tito.

Mantan Kapolri ini menyebut selain Jawa Barat, dua provinsi lainnya juga memiliki anggaran untuk tanggap darurat. Anggaran tersebut bisa digunakan pada saat keadaan darurat.

“Di DKI juga ada sisa anggaran tahun lalu dan BTT. di Banten juga ada. Di daerah yang terdampak tiga ini,” ucap Tito.

Sebelumnya, Tito meninjau posko banjir di kawasan Perumahan Villa Jatirasa, Jatiasih, Bekasi. Tito didampingi oleh sejumlah pejabat eselon I Kemendagri. Wali Kota Bekasi Rahmat Effendy pun tampak menyambut Tito di lokasi.

Tito memberikan bantuan untuk korban banjir di Jati Asih secara simbolis yang diterima oleh Rahmat Effendy. Selain itu, Tito juga sempat meninjau lokasi-lokasi yang terdampak banjir di sana. Ia bahkan menerobos jalanan di perumahan yang tergenang lumpur dengan mengenakan sepatu bot.

“Kalau lihat di sini air sudah surut, tapi sisa-sisanya dampak dari banjir masih kelihatan sekali. Banyak lumpur, listrik belum hidup,” kata Tito.

Ketersediaan makanan di lokasi tersebut juga terpenuhi karena sudah ada banyak posko yang memberi bantuan logistik, termasuk posko Kemendagri.

“Tapi yang perlu dibantu adalah masyarakat yang rumahnya masih berlumpur dan perlu peralatan tertentu, baik penyedot air maupun penyiram,” kata dia.

(Red)

Link Banner
Facebook Comments

Check Also

PMU Kemitraan Provinsi Sumsel Dan Project Officer Melakukan Kunjungan ke POKMAS DPG

Komline,PMU DPG Kemitraan Provinsi Sumsel dan Project Officer melakukan kunjungan lapangan terkait penajaman kapasitas kelompok …

%d bloggers like this: