Home / Berita Tokoh / Mendagri Tito Karnavian Optimis Pilkada 2020 Aman Dan Damai

Mendagri Tito Karnavian Optimis Pilkada 2020 Aman Dan Damai

Komline, Jakarta- Berkaca pada Pemilu sebelumnya Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian cukup percaya diri, optimis Pilkada 2020 akan berjalan aman dan damai di 270 daerah di Indonesia. dikatakannya saat Diskusi ‘Urgensi Mewujudkan Pilkada Demokratis dan Berkualitas: Tantangan dan Harapan’ di Hotel Dharmawangsa, Jalan Brawijaya Raya, Jakarta Selatan, Senin (9/3/2020).

 

” Yang membuat kita cukup confident kita udah pengalaman beberapa kali melaksanakan Pemilu-Pemilukada bahkan pemilu nasional termasuk di 2019 ada politik identitas dan lain-lain Alhamdulillah kita bisa melalui,” ujarnya.

Dengan demikian, secara pribadi ia ia merasa confident bahwa pemilu 270 daerah ini juga insyaalah akan berlangsung aman.

Tito mengatakan, pengalamannya sebagai Kapolri cukup membantu dari sisi pengamanan, namun peran sebagai Mendagri tentu berbeda. Saat menjabat sebagai Mendagri, Tito lebih terfokus kepada data pemilih.

 

“Sebagai Kapolri otomatis sangat mewarnai tapi kan perannya beda. Kapolri lebih fokus masalah pengamanannya. Kalau di sini tidak pengamanan saja, di Kemendagri saya lebih pertama adalah menyiapkan data pemilih,” katanya.

 

Selain itu, tugas Tito saat ini adalah menyusun anggaran. Dia ingin memastikan anggaran daerah untuk Pilkada segera cair.

 

“Kita memiliki Dinas Dukcapil dan itu menjadi basis data base untuk pemilih. Kedua adalah anggaran, waktu Kapolri saya nggak ikut campur anggaran. Kalau sekarang mendorong supaya daerah segera untuk mencarikan anggaran. Kalau (anggaran) nggak ada penyelenggara pemilu tidak bisa melaksanakan program-programnya itu akan menjadi macet,” jelas Tito.

Lebih lanjut, Tito mengatakan tugas Kemendagri adalah menjaga stabilitas politik di pusat dan daerah. Apabila stabilitas politik berjalan baik, maka tak ada ancaman keamanan.

“Kemudian yang ketiga paralel dengan TNI/Polri sama-sama menjaga situasi pengamanan. Bedanya karena Kemendagri pembina politik baik pusat dan daerah tugas kami adalah stabilitas politik tetap berjalan stabil sehingga politik stabil tidak berdampak pada keamanan,” tandasnya.

Facebook Comments

Check Also

TKA Cina Masuk RI Saat Pandemi Corona, Masinton Pasaribu: Koordinasi Lemah!

Komline, Jakarta– Masinton Pasaribu selaku Angota Komisi III DPR sangat menyesalkan kinerja kementerian dengan antar …

%d bloggers like this: