Home / Kesehatan & Wanita / Mengapa Wanita Haid Tak Boleh Puasa?

Mengapa Wanita Haid Tak Boleh Puasa?

Link Banner

Komline,Jakarta- Memasuki bulan Ramadan, tiap-tiap muslim yang memenuhi syarat, diwajibkan untuk melakukan puasa selama satu penuh. Namun, bagi para wanita yang sedang haid atau menstruasi tidak disarankan menjalankan ibadah puasa.

Baca Juga:

Waktu Yang Tepat Saat Berhubugan Seks Dibulan Ramadhan

Karena pada dasarnya, puasa Ramadan wajib dilakukan oleh seorang muslim yang sudah baligh (cukup umur) dan berakal. Nabi Muhammad bersabda, “Islam berasaskan lima perkara, yaitu bersaksi tidak ada dzat yang berhak disembah kecuali Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, membayar zakat, menunaikan haji dan puasa di bulan Ramadan (H.R. Bukhari dan Muslim).

Namun, ada beberapa pengecualian kepada beberapa golongan. yakni perempuan yang sedang mengalami haid dan nifas di bulan Ramadan, tidak berpuasa. Mereka harus menggantinya di luar bulan Ramadan sesuai dengan hari dia mengalami haid tersebut.

Hand Out on Home/Facebook (8/5/2019)

Ada sebagian ulama mengatakan bahwa tidak diperbolehkannya kaum wanita yang sedang haid berpuasa adalah Karena perempuan dalam keadaan lemah ketika haid dan melakukan puasa ketika itu tentu akan menambah kelemahan dan akhirnya akan membahayakan jiwanya.

Dilansir dari laman darussalaf.or.id Al hafidz Ibnu Hajar -rahimahullah- mengatakan, bahwa “Larangan shalat bagi perempuan haid adalah perkara yang telah jelas karena kesucian dipersyaratkan dalam shalat dan perempuan haid tidak dalam keadaan suci. Adapun puasa tidak dipersyaratkan di dalamnya kesucian maka larangan puasa bagi perempuan haid itu sifatnya adalah ta’abudi (hal yang bersifat ibadah semata-mata) sehingga butuh suatu nash pelarangan berbeda dengan shalat,” (Fathul Bari Syarh hadits no 304).

Baca Juga:

5 Manfaat Berpuasa Yang Berpengaruh Pada Kondisi Psikis Manusia

Terdapat dua hadis yang menjelaskan tentang hukum perempuan yang sedang haid juga sama dengan hukum nifas (bagi ibu melahirkan) dalam berpuasa yang disepakati oleh para ulama. Hadis pertama, Rasulullah SAW bersabda, “Bukankah wanita itu jika sedang haid, tidak salat dan tidak berpuasa?” Mereka menjawab, :Ya.” [HR. Al- Bukhari].

Kemudian hadis berikutnya adalah yang diriwayatkan Aisyah, ia berkata, “Kami pernah kedatangan hal itu [haid], maka kami diperintahkan mengqadha puasa dan tidak diperintahkan mengqadha salat.” [HR. Muslim].

Hand Out/Ilustrasi Pembalut Wanita,(8/5/2019)

Jadi dijelaskan bahwa rinciannya, mengapa para wanita haid tidak diperbolehkan puasa ya. Tak perlu bersedih ya, apalagi berpuasa kan, juga menyangkut masalah kesehatan. Dan jika anda tak bisa berpuasa di bulan Ramadhan terhalang (haid-nifas) maka Allah SWT memberi kesempatan kepada anda untuk menggantinya di bulan yang lain.

Baca Juga:

Ulak Pandan Lestarikan Budaya Pawai Sambut Ramadhan

Tips Melupakan Mantan Agar Tak Ganggu Kesehatan

(SN)

Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Komunitas Kita Anak Indonesia Ajak Masyarakat Indonesia Untuk Gemar Donor Darah

Komline,Jakarta, 1 September 2019 Bertempat di Pmi Jakarta pusat, Komunitas Kita Anak Indonesia ingin mengajak …

%d bloggers like this: