Home / Berita Tokoh / Mengenal Lebih Dekat Sosok Sederhana & Pengayom Yang Merupakan Aktivis Senior Yang Legendaris Bursah Zarnubi

Mengenal Lebih Dekat Sosok Sederhana & Pengayom Yang Merupakan Aktivis Senior Yang Legendaris Bursah Zarnubi

Komline,Jakarta-Putra Asli Kab. lahat Sumatera Selatan yang  memiliki 4 anak ini dikenal memiliki kepribadian yang sangat sederhana . Saat ini Bursah Zarnubi merupakan Ketua DPP Organisasi Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) .

Bursah Zarnubi

Pasca selesai dari dunia kemahasiswaan Bursah Zarnubi bersama teman-temannya membentuk Lembaga Swadaya Masyarakat, Himpunan Masyarakat Untuk Kemanusiaan dan Keadilan (HUMANIKA) pada tanggal 17 September 1990 di Jakarta. Lewat Humanika, Bursah menggabungkan pola perjuangan, bukan hanya turun ke jalan demonstrasi menentang pemerintah, namun juga membangun gerakan kultural-intelektual. Bursah juga sosok yang getol akan ilmu, tidak heran pemikiran tokoh-tokoh besar seperti Al Ghazali, Ibn Taimiya, al Kindi, Ibn Rusyd, Jalaluddin Rumi, Iqbal, Al Farabi, Ibn Khaldun dan lain-lain semua dilahapnya. Begitu juga Karl Marx, Lenin, Aristoteles, Rene Descrates, Jean Jacques Rouseou, John Loke dan sebagainya.

Aktivis yang pernah menjadi anggota DPR RI 2004-2009 ini tak pernah berubah. Meski kini era demokrasi sudah sangat terbuka, namun kegelisahannya sebagai aktivis tak pernah pudar.

Bursah Zarnubi  dikenal sebagai Sang Ideolog karena dia memiliki pandangan dan sikap kritis terhadap ideologi-ideologi hingga yang berskala besar.

Alumnus dari Universitas Jayabaya Fakultas Ekonomi, Jakarta, ini juga pernah  menjabat sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Bintang Reformasi. Semasa menjadi mahasiswa, pria pencinta olahraga fitness / body-building ini adalah aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)

Bursah Zarnubi Aktivis yang Tak lekang oleh waktu ini , tidak pernah membeda-bedakan latar belakang suku, agama, budaya aktivis yang dididiknya. Bursah Zarnubi adalah salah satu aktivis senior yang jiwa nasionalismenya terhadap Indonesia tak perlu diragukan lagi .

“Bursah adalah pengayom adik-adiknya (para aktivis). Dia mendidik adik-adiknya dari berbagai latar belakang suku dan agama termasuk pilihan kepada pemerintah. Aktivis yang legendaris ini bisa diterima kawan dan lawan .

Nah mungkin ini sedikit yang dapat kami bagikan kesahabat komline, masih banyak lagi cerita dibalik sosok legendaris aktivis Bursah Zarnubi yang lainnya .

(HB)

 

Facebook Comments

Check Also

Yulian Gunhar Adakan Lomba MTQ dan Qasidah Secara Online

Komline, Jakarta- Dalam rangka memeriahkan Ramadhan di saat pandemi,  Anggota DPR RI dari Fraksi PDI …

%d bloggers like this: