Home / Berita Tokoh / Mengenal Sosok Calon Ketua Presidium KMHDI I Wayan Darmawan

Mengenal Sosok Calon Ketua Presidium KMHDI I Wayan Darmawan

Komline, Jakarta- I Wayan Darmawan, ia adalah seorang Putra Daerah Sumatera Selatan yang lahir di Musi Banyuasin pada 17 Desember 1996. Darmawan cukup dikenal oleh masyarakat umun lantaran sempat menjabat sebagai Ketua Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) Sumatera Selatan pada periode kepengurusan 2018 – 2020. Berbagai prestasi Individu sempat ia torehkan, pada pelaksanaan TOT Jakarta 2017 ia masuk sebagai Top 3, kemudian dirinya juga masuk dalam 10 Essay terbaik tahun 2019 yang dilaksanakan oleh PP KMHDI.

Semasa kecil Darmawan dibesarkan di Air Salek Kab. Banyuasin. Darmawan mengawali pendidikannya di SDN 13 Air Salek, yang terletak tidak jauh dari rumahnya. Sejak kecil ia merupakan sosok yang pemberani. Setelah lulus dari Sekolah Dasar, ia melanjutkan pendidikan di SMPN 1 Air Salek. Ketika itu I Wayan Darmawan sudah menunjukan bakatnya dalam berorganisasi, ia masuk dalam struktur organisasi OSIS dan aktif menggerakkan ekstrakulikuler disekolah.

Kemudian ketika lulus dari SMP memutuskan merantau dan melanjutkan sekolah di SMAN 1 Muara Padang. Di bangku SMA prestasinya semakin meningkat dan ia lebih giat dalam berorganisasi ilmu. Mengawali masuk sekolah SMA di Masa Orientasi Sekolah (MOS) ia terpilih sebagai Raja MOS yang merupakan apresiasi bagi siswa yang memiliki mental, kepribadian dan jiwa kepemimpinan terbaik diantara peserta MOS di sekolahnya.

Melalui hari-harinya sebagai siswa Darmawan mulai mengembangkan dirinya dengan bergabung sebagai pengurus OSIS sebagai anggota bidang olahraga, hingga ia duduk di kelas XI ia kemudian masuk dalam kandidat Calon Ketua OSIS namun harus kalah dari calon lainnya, semangatnya tidak terhenti disana ia kemudian diangkat sebagai Ketua Bidang Olahraga dan berhasil memberikan berbagai prestasi kepada sekolah, salah satunya Runner up Liga Pendidikan cabang sepak bola tingkat SMA Kabupaten Banyuasin dan berbagai prestasi lainnya.


Setelah lulus SMA, I Wayan Darmawan melanjutkan studi di Universitas Bina Darma Palembang dengan mengambil Program Studi Pendidikan Olahraga.
Selama berkuliah, Ia aktif dan menggagas berdirinya Himpunan Mahasiswa Air Salek (Banyuasin) sebagai organisasi daerah, di kampus ia juga masuk sebagai pengurus Himpunan Mahasiswa Olahraga (HIMPORA). Diantara berbagai organisasi yang ia tekuni, Darmawan akhirnya memutuskan fokus berproses di organisasi Mahasiswa Hindu yakni Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) Sumatera Selatan. Pada tahun 2014 dirinya mengikuti MPAB & DMO, belum genap setahun menjadi anggota Darmawan kemudian ditunjuk sebagai anggota non bidang, kemudian di tahun 2016 – 2018 dirinya dipercaya untuk menjabat sebagai Ketua Biro Organisasi KMHDI Sumatera Selatan. Selama menjadi Ketua Biro, ia menunjukkan kinerja yang baik salah satunya adalah dipercaya sebagai ketua Tim Pembentukan PC KMHDI Palembang tahun 2017.

Setelah selang beberapa waktu dengan pengalaman serta pemahaman mengenai organisasi, beliau memutuskan untuk maju dalam pemilihan Ketua Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) Sumatera Selatan pada tahun 2018 saat Lokasabha IX dilangsungkan. Dan berhasil mengalahkan kandidat lain yang juga ikut mencalonkan diri sebagai Ketua PD KMHDI Sumsel. Oleh karenanya, I Wayan Darmawan resmi menjadi Ketua PD KMHDI Sumsel pada periode 2018 – 2020.

Selama menjabat, I Wayan Darmawan telah melakukan berbagai inovasi baru dalam pola kaderisasi. Hal itu dibuktikan dengan inovasi yang beliau berikan yang mana beberapa diantaranya adalah penyelenggaraan KMHDI Mengajar Serentak di 6 Daerah, Program KMHDI Magang yang melibatkan puluhan kader dan bersama dengan cabang yang ada di Sumsel. Inovasinya mampu menumbuhkan kembali semangat berorganisasi Mahasiswa Hindu di Sumatera Selatan.

Prestasi selama memimpin di tunjukanya sejak tahun pertama ia memimpin, ditangannya KMHDI Sumsel masuk Nominasi sebagai organisasi teraktif di Website Organisasi, masuk sebagai nominasi KMHDI mengajar terbaik, dan mampu memenangkan Organisasi teraktif berkegiatan pada Rakornas KMHDI di Palangkaraya 2019, ia juga diamanahkan untuk melebarkan sayap organisasi di Bengkulu untuk membentuk cabang baru hingga pada tahun 2020 secaa resmi BPC KMHDI Bengkulu terbentuk.

Selama ini I Wayan Darmawan dikenal sebagai pribadi yang optimistis dalam berbagai hal, ia adalah pejuang dan memiliki jiwa kepemimpinan yang penuh dengan rasa tanggung jawab. Selama memimpin KMHDI Sumsel Darmawan telah mengunjungi berbagai pelosok daerah di Sumatera Selatan untuk membangun semangat pendidikan di daerah tertinggal melalui program KMHDI Mengabdi, di bidang kaderisasi iya juga kembangkan program Menulis melalui program KMHDI CJ dan Diklat Jurnalistik Daerah pada tahun 2019.

Darmawan ternyata tidak hanya fokus pada kegiatan internal keumatan dan kaderisasi, hal ini juga ia buktikan dengan berbagai aksi masa yang ia pimpin, bahkan ini menjadi catatan sejarah bagi KMHDI Sumsel ikut aksi bersama dengan Cipayung Plus Sumsel dan Organisasi lainnya, pada aksi pertama ia mampu melibatkan 75 kader dalam aksi dan menjadi titik awal keberanian kader KMHDI Sumsel untuk aktif turun ke jalan menyuarakan pendapatnya. Di era kepemimpinan Darmawan KMHDI Sumsel memulai kontribusinya memberikan kritik dan masukan terhadap berbagai kebijakan daerah yang tidak sesuai dengan rencana pembangunan Daerah, tidak heran jika berbagai kritik baik langsung maupun melalui media cetak sering dilakukannya.

Darmawan dikenal sebagai sosok yang optimis dan bekerja keras, ia percaya bahwa tidak ada pemimpin yang hebat yang ada hanyalah team yang kuat dan solid. Optimisme inilah yang membuatnya terus berkarya dan berbuat untuk organisasi dan lingkungan sekitarnya, hingga memutuskan untuk maju dalam kontestasi Mahasabha XII KMHDI di Cisarua Bogor. Senin (8/3/2021).

Facebook Comments

Check Also

Golkar Dorong Airlangga Nyapres di 2024

Komline, Jakarta- Sebelumnya, hasil survei Indikator Politik Indonesia menyatakan mayoritas anak muda telah menentukan sejumlah …

%d bloggers like this: