Home / Inspirasi / Mengulas Perjuangan Emansipasi Wanita R. A Kartini Dan Kartini Modern

Mengulas Perjuangan Emansipasi Wanita R. A Kartini Dan Kartini Modern

Link Banner

Komline- Setelah perayaan hari perempuan Internasional beberapa waktu lalu, Hari ini 21 April 2018 diperingati sebagai momentum peringatan Hari Kartini, secara nasional.

Sahabat Komline, jika mengulas kembali perjuangan seorang R. A. Kartini dulu, dalam hak emansipasi wanita sepertinya tidaklah muda kala itu, ada banyak perbedaan, salah satunya, kesenjangan mengenai derajat wanita dan kaum laki-laki. Juga dalam hal tuntutan ilmu pengetahuan.

Namun, berkat ketertarikan R. A. Kartini dalam hal membaca kemudian membuat ia memiliki pengetahuan yang cukup luas soal ilmu pengetahuan dan kebudayaan, R.A Kartini juga memberi perhatian khusus pada masalah emansipasi wanita melihat perbandingan antara wanita eropa dan wanita pribumi.

Selain itu ia juga menaruh perhatian pada masalah sosial yang terjadi menurutnya, seorang wanita perlu memperoleh persamaan, kebebasan, otonomi serta kesetaraan hukum.

Kartini adalah salah satu pahlawan di Indonesia. Meski tak berada di medan perang melawan penjajah secara langsung layaknya pahlawan nasional lainnya, namun perjuangan Kartini menjadi contoh paling nyata untuk keberadaan perempuan Indonesia saat ini.

Perjuangan emansipasi perempuan yang diperjuangkan Kartini tentu bisa sahabat Komline rasakan hingga sekarang.

Meski begitu, hingga sekarang kadang masih ada kesenjangan antara laki-laki dan perempuan. Itu berarti perjuangan Kartini di masa lampau belumlah tuntas. Sebagai pejuang Kartini diera modern, sahabat komline dapat melanjutkannya di masa kini.

Berkat perjuangan beliau, Jika dulu rasanya tidak mungkin mendapatkan pendidikan yang setara, kini perjuangan nya bisa dirasakan oleh kaum perempuan dengan mengenyam pendidikan hingga jenjang tertinggi.

Sebagai bukti Kesetaraan antara perempuan dan laki-laki tanpa menghilangkan sikap hormat perempuan pada laki-laki, berbeda dengan kala itu, wanita diintruksikan lebih baik didapur dari pada belajar.

Selain itu, dalam perjuangan Kartini modern saat tuntutan seorang wanita dalam dunia karier (pekerjaan) diluar rumah pun dapat dilakukan, namun tidak meninggalkan rasa tanggung jawab, jika telah menjadi seorang ibu rumah tangga.

Memanfaatkan moment ini, ada banyak hal unik pula yang dapat sahabat komline lakukan dalam memperingati Kartini Nasional, misalnya mengunakan kebaya di setiap tanggal 21 April, atau mengadakan lomba-lomba mewarnai, lomba kebaya hari kartini dan hal lainnnya sebagai bentuk perjuangan emansipasi wanita yang telah dilakukan oleh R.A. Kartini.

(sn)

Link Banner
Facebook Comments

Check Also

SMPN 13 OKU Menyantuni 3 Tempat Pada 10 Muharam 1440 H

Komline, OKU – Pendidikan yang baik bagi anak berawal di dalam keluarga kemudian langkah berikutnya …