Home / Berita Tokoh / Miris ! Begini Kondisi Sekolah SD di Kabupaten Lahat : Atap Bocor Kondisi Sekolah Penuh Dengan Rumput dan Sampah karena Tak Terawat

Miris ! Begini Kondisi Sekolah SD di Kabupaten Lahat : Atap Bocor Kondisi Sekolah Penuh Dengan Rumput dan Sampah karena Tak Terawat

Link Banner

Komline, Lahat-Keban Jaya- Fasilitas yang disediakan sekolah menjadi salah satu faktor penunjang mutu mendidikan. Sarana dan prasarana sekolah meliputi gedung sekolah dan seluruh kelengkapan lainnya pun menjadi salah satu penunjang kegiatan belajar mengajar.

Namun, jika disuatu sekolah belum memenuhi standar fasilitas tersebut, maka secara tidak langsung Tenaga Pendidik (Guru) akan kesulitan dalam mengembangkan pola pembelajaran dan kegiatan lainnya.

Salah satu Sekolah Dasar (SD) yang terletak di Desa Keban Jaya, Kecamatan Kikim Selatan, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan tidak memiliki fasilitas sekolah yang memadai dari pemerintah.
Selain lokasi sekolah jauh dari wilayah kecamatan, SD Negeri 13 Kikim Selatan sangat miris ketika dilihat infrastruktur dan fasilitas penunjang lainnya.
Tak hanya itu, ruang belajar siswa pun tak layak dengan jumlah murid hanya 20 siswa di sekolah dasar ini .

untuk itu Perkumpulan gerakan pemuda (PGK)  terketuk hati dan terjun langsung ke lokasi untuk mengecek langsung kondisi sekolah serta tempat belajar siswa.
Perwakilan Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) Harda Bely mengungkapkan, hatinya sangat teriris ketika melihat kondisi SD tersebut. Kondisi pendidikan di Kabupaten Lahat, khususnya di wilayah Kikim Selatan tak akan maju apabila sarana dan fasilitas sekolah banyak yang sudah rusak dan tak layak untuk digunakan, 17/6/2020 .


“Ketika saya mengecek langsung kesana, kondisi sekolah dan tempat belajar siswa sangat mengiris hati saya. Saya tersentuh dan sedih melihat ruangan banyak yang tidak terpakai dan banyak ditemukan kotoran hewan yang berserakan. Lingkungan sekolah pun penuh dengan semak-semak rumput dan sampah. Wc sekolah pun sudah teebengkalai dan tidak berfungsi lagi,” ungkapnya.

Harda menambahkan, walaupun siswanya sedikit, namun alangkah baiknya jika adik-adik itu tetap diberikan tempat yang nyaman ketika mereka belajar.
“Semoga saja, pemerintah Kabupaten Lahat bisa menemukan solusi untuk menunjang pendidikan disini. Agar sekolah dapat terus berjalan dan orang tua siswa merasa tenang menyekolahkan putra putrinya disini. Begitu juga dengan anak-anak agar tetap bersemangat mencari ilmu jika memiliki ruang kelas yang bersih dan nyaman,” jelasnya.

Sementara itu, Hendro salah satu siswa kelas 3 SD Negeri 13 Kikim Selatan mengatakan ia dan 3 teman lainnya bertahan dengan kondisi ruang kelas yang kotor dan penuh sampah. Sehingga membuat mereka tidak nyaman, apalagi atapnya bocor ketika hujan turun.
“Kami berharap, agar secepatnya sekolah kami diperbaiki. Buatlah kami nyaman untuk belajar dan untuk buang air kecil atau besar harus ke sungai. Karena wc kami sudah rusak dan tak layak dipakai lagi,” ungkapnya.
Selain itu, Supariyem salah satu Guru SD Negeri 13 Kikim Selatan mengatakan kondisi rumput yang sudah tinggi tersebut akibat sekolah diliburkan.


“Ya beginilah kondisi sekolah kami. Banyak gedung yang tak terpakai dan rusak hanya . Jumlah siswa disini hanya 20 siswa , sehingga anggaran yang dikucurkan ke sekolah pun tak banyak. Karena SD Negeri 13 Kikim Selatan memiliki siswa yang sedikit dan hanya anak-anak di wilayah sini yang bersekolah di sini, ” jelasnya.

(Nando)

Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Hari ini! Bio Farma Mulai Uji Klinis Vaksin COVID19

Komline, Jakarta– Tepat di hari perayaan ke 130 tahun berdirinya Bio Farma, hari ini Kamis …

%d bloggers like this: