Home / Berita Tokoh / Momentum Hari PETA Sufmi Dasco Berjuang Demi Kepentingan Rakyat

Momentum Hari PETA Sufmi Dasco Berjuang Demi Kepentingan Rakyat

Komline, Jakarta – Setiap tanggal 14 Februari merupakan sebuah momentum yang tidak terlupakan bagi perjuangan bangsa, sekaligus sebagai tonggak awal lahirnya tentara-tentara di Indonesia.

Hari ini dikenang sebagai hari peringatan aksi heroik pemberontakan tentara Pembela Tanah Air (PETA) di Blitar dibawah pimpinan Shodancho Supriyadi.

Melalui momen penting ini, Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan bahwa saat ini semangat anak negeri sangat diperlukan dalam membangun NKRI serta mengutamakan kepentingan kehidupan bangsa Indonesia yang lebih baik.

“Momentum ini menjadi semangat kita bersama untuk terus berada berjuang di garda terdepan dalam membela tanah air Indonesia dari apapun juga,” ujar Wakil Pimpinan DPR-RI Dasco.

lebih lanjut dia mengatakan “Sebagai pejuang politik Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) kita selalu memperjuangkan apapun yang bersinggungan dengan kepentingan rakyat Indonesia,” kata pimpinan partai Gerindra ini.

Sebagaimana diketahui, PETA dibentuk oleh bala tentara Jepang di Indonesia bulan Oktober 1943. Mereka merekrut pemuda Indonesia untuk dijadikan tentara teritorial guna mempertahankan Jawa, Bali dan Sumatera jika pasukan sekutu tiba.

Tentara PETA telah berperan besar dalam Perang Kemerdekaan Indonesia. Beberapa tokoh nasional yang dulunya tergabung dalam PETA antara lain mantan presiden Soeharto dan Jendral Besar Soedirman. 

Veteran-veteran tentara PETA telah menentukan perkembangan dan evolusi militer Indonesia, antara lain setelah menjadi bagian penting dari pembentukan Badan Keamanan Rakyat (BKR), Tentara Keamanan Rakyat (TKR), Tentara Keselamatan Rakyat, Tentara Republik Indonesia (TRI) hingga akhirnya TNI. Karena hal ini, PETA banyak dianggap sebagai salah satu cikal bakal dari Tentara Nasional Indonesia.

Facebook Comments

Check Also

DPW PGK Sumatera Selatan Gelar Dialog Kebangsaan Dengan tema “Kaum Milenial Dalam Pusaran Politik Pilkada Serentak 2020

Komline,Palembang-Hari ini Indonesia sedang mengalami bonus demografi dimana penduduk usia produktif mendominasi. Pemuda khususnya milenial …

%d bloggers like this: