Home / Berita Tokoh / Opening Ceremony Sail Moyo Tambora 2018, Menkomar Luhut : Momen Memulihkan NTB

Opening Ceremony Sail Moyo Tambora 2018, Menkomar Luhut : Momen Memulihkan NTB

Link Banner Link Banner

Komline,Indonesia- Provinsi Nusa Tenggara Barat hari ini melaksanakan opening Ceremony Sail Indonesia Moyo Tambora 2018. Grand opening tersebut juga dihadiri oleh pejabat kementrian pariwisata Arif Yahya, kementrian kemaritiman Luhut B. Panjaitan, kementerian perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur provinsi NTB Tuan Guru Bajang Zainul Majdi, bupati Sumbawa dan sejumlah tamu kehormatan lainnya, (9/9).

Di opening ceremony Sail Moyo Indonesia Tambora 2018 dibuka dengan sejumlah festival, seperti peniupan serunai sebagai tanda pembukaan Sail Moyo Tambora 2018, penanaman pohon Gaharu yang diikuti pejabat kementrian tersebut. Penampilan Marching Band bersamaan dengan parade kapal atau sailing pass yang disertakan 1000 perahu tradisional dan internasional Yacht Rally dari berbagai negara yang melewati perairan Indonesia menuju ke Thailand.

Festival Sail Indonesia Moyo Tambora 2018 resmi dibuka pada minggu pagi, di pelabuhan Badas, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Menteri bidang koordinator bidang kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan yang memimpin jalannya acara, mewakili Prisiden Ir. Joko Widodo yang sedianya hadir di acara tersebut.

Dalam pesan presiden yang disampaikan oleh kemenkomar, Luhut B. Panjaitan mengungkapkan Sail Moyo Tambora menjadi awal yang tepat untuk memulihkan Lombok dan Sumbawa setelah gempa yang melumpuhkan lombok beberapa waktu lalu.

“Hadirin sekalian, yang saya banggakan, perhelatan Sail Moyo Tambora 2018 ini justru menjadi awal recovery pariwisata Lombok dan Sumbawa pasca gempa yang menerpa NTB secara beruntun dalam beberapa waktu terakhir, untuk itu “Saya apresiasi ini dengan acara bakti sosial untuk meringankan beban saudara-saudara kita, ” ungkapnya saat membacakan pesan Ir. Joko Widodo. “Mari kita jadikan Sail Moyo momentum kebangkitan wisata NTB,”ujarnya.

Presiden juga menghimbau kepada segenap pihak untum menujukkan solidaritasnya untuk NTB sebagai tanda dukungan terhadap daerah ini. “Saya mengajak kita semua, baik jajaran kementrian lembaga pusat dan daerah serta seluruh lapisan masyarakat marilah kita jadikan Sail Moyo Tambora ini sebagai momentum kebangkitan pariwisata Nusa Tenggara Barat, “jelasnya.

Menteri Luhut juga menyatakan bahwa pemerintah akan berkomitmen terhadap pariwisata di Indonesia dengan menargetkan 200 juta turis masuk Indonesia tahun kedepan, katanya dalam sambutan itu.

Menkomar Luhut, Juga menyinggung soal kurs dollar yang sempat naik beberapa hari lalu. Ia menekankan Indonesia tak goyah meski nilai rupiah sedang mengalami tekanan oleh Dollar AS. “Negeri kita baik-baik saja, perekonomian kita baik,” pungkasnya.

Acara opening ceremony Sail Indonesia Moyo Tambora ditutup dengan peninjauan kunjungan ekspo maritim Sail Indonesia Tambora oleh Luhut B. Panjaitan dan pejabat kementrian dan pejabat daerah yang hadir.

(kemenpar)

Link Banner Link Banner Link Banner Link Banner
Facebook Comments

Check Also

MEDIA KOMERING ONLINE RILIS DAFTAR NAMA JURNALIS YANG TERDAFTAR

Komline, Jakarta– Media Komering Online, yang kini berkedudukan di Jalan Outeringroad Ruko Sedayu Square Blok …