Home / Berita Tokoh / Pakar Komunikasi Nilai Puan Maharani Layak Maju Pilpres 2024

Pakar Komunikasi Nilai Puan Maharani Layak Maju Pilpres 2024

google.com, pub-5445025501323118, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Calon pemimpin yang layak maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dinilai harus berkualitas. Sehingga, calon pemimpin yang menggantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak hanya memiliki elektabilitas dan popularitas yang tinggi.

“Karena pemimpin bangsa yang kita cari ini adalah mencari pemimpin berkulitas, bukan pemimpin elektabilitas dan popularitas,” kata pakar komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing, kepada wartawan, Jakarta, Kamis, 19 Mei 2022.

Emrus menilai pemimpin berkualitas yang ada saat ini adalah Ketua DPR Puan Maharani. Emrus membeberkan alasan Puan Maharani dianggap sebagai pemimpin berkualitas yang layak melanjutkan kepemimpinan Jokowi ke depan.

“Sebagai pemimpin berkualitas kita kaji Puan Maharani, pertama ketika menjadi kader PDIP merupakan kader yang memang menunjukkan suatu kepemimpinan dan kenyamanan bagi orang di sekitarnya, tidak pernah menimbulkan suatu polemik di partai,” kata Emrus.

Kedua, kata Emrus, sebagai anggota DPR. Selama menjabat tidak ada suatu tindakan-tindakan prilaku komunikasi politik yang memang menimbulkan kegaduhan.

“(Puan Maharani) dia selalu melakukan tugas-tugas dengan baik,” kata Emrus.

Ketiga, Puan dianggap menakhodai fraksinya di DPR dengan baik. Sehingga dialektika di DPR di bawah kepemimpinan fraksinya terus memperjuangkan politik. Tak hanya itu, Puan dianggap memimpin Kemenko PMK dengan baik. “Ketika menjabat Menteri PMK kementerian itu berjalan dengan baik, bagus, tidak ada masalah,” kata dia.

Tak hanya itu, Emrus menilai DPR di bawah kepemimpinan Puan produktif. Menurut dia, Puan bisa memimpin berbagai kepentingan politik dan fraksi.

“Kita lihat satu contoh keberhasilan dia, menggolkan UU TPKS yang merupakan suatu capaian luar biasa, melindungi orang-orang lemah, melindungi kaum perempuan, melindungi anak-anak, bukankah itu suatu hal yang substantif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Emrus.

Di sisi lain, Emrus mengatakan dari poin-poin pandangan atau kritikan yang disampaikan Puan sejauh ini menjadi representasi rakyat. Kritikan Puan tak berpihak kepada pemerintah.

“Bukan dia bekerja untuk pencitraan. Tetapi bekerja menimbulkam citra positif, mengedepankan pekerjaannya yang kemudian dinilai oleh rakyat. Bukankah ada bakal calon-calon yang dicitrakan secara masif di ruang publik seakan-akan kawan itu sudah tidak ada kurangnya,” Ujar Emrus.

Emrus mengingatkan pemimpin yang dicari rakyat harus berkualitas. Terpenting, gagasan dan ide untuk kepentingan masyarakat.

“Jadi saya berpendapat Puan Maharani merupakan pemimpin yang berkualitas. Saya memperhatikan kualitas beliau ini. Puan Maharani juga merupakan sosok yang plural, NKRI , bhineka tunggal ika, tidak membeda-bedakan suku agama dan lainnya,” pungkas Emrus.

Facebook Comments

Check Also

Relawan Publik: Turut Berduka Cita Dan Semoga Jenazah WNI Korban Penembakan Di AS Segera Bisa Dipulangkan Ke Indonesia

google.com, pub-5445025501323118, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Insiden penembakan kembali terjadi di negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Kali …