Home / Curhat Om / Pemimpin Berkarakter Pancasila

Pemimpin Berkarakter Pancasila

Link Banner

http://Komline,Palembang- Saudaraku, pemimpin yang dibutuhkan Bangsa Indonesia adalah pemimpin yang berjiwa Pancasila karena merupakan ideologi bangsa dan cita-cita yang ingin dicapai oleh Bangsa Indonesia. Pemimpin yang baik memiliki misi untuk membawa bangsa dan negaranya menggapai cita-cita bangsa, yaitu membawa penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia kearah terwujudnya kehidupan yang ber-ketuhanan, ber-kemanusiaan, ber-persatuan, ber-kerakyatan, dan ber-keadilan.

Pemimpin berjiwa pancasila adalah pemimpin yang mengerti benar akan hakikat pancasila sebagai ideologi Bangsa Indonesia. Sehingga dengan begitu, semua kebijakan yang diambilnya kelak akan berpedoman pada ideologi Bangsa.

Pemimpin harus memiliki lima karakteristik sebagaimana yang terkandung dalam Lima sila yang terdapat dalam Pancasila. Dengan karakter yang berlandaskan Pancasila sebagai ideologi Negara , diharapkan pemimpin mampu membawa Indonesia ke arah yang lebih baik lagi , yaitu kepada kesejahteraan dan kemakmuran seperti yang dicita-citakan oleh seluruh rakyat Indonesia . Saat ini yang dibutuhkan adalah pemimpin bangsa yang mampu membangun konsensus, bukan pemimpin yang mempunyai perilaku lebih mementingkan koalisi dan mencari platform.

” Pemimpin berkarakter Pancasila harus menjadi ruh bangsa Indonesia sehingga dapat menyatukan seluruh elemen perbedaan yang ada dengan mengedepankan musyawarah mufakat.“ Bukan dengan cara demokrasi voting, karena voting inilah rezim yang berkuasa merampok negara. Jika ini terus terjadi, maka preman-preman akan ikut menduduki kekuasaan negara, tanpa visi, tanpa misi dan bertengger dalam pemerintahan “.

Penulis: Hasbi Prabumulih

Ketua Dewan Forum Honorer Indonesia

BACA JUGA:

Dimanakah “Pemimpin Nawacita” (Menilik Infrastruktur Lubuk Raja OKU)

DEMOKRASI “Kentut” Beraroma NEOLIBERAL

Indonesia Raya Dalam Pusaran Neoliberalisme

 

(SN)

 

Link Banner
Facebook Comments

Check Also

“Apa Pentingnya Generasi Millenial Dalam Pemilu Serentak 2019”

Komline, OKU Selatan- Pemilu serentak pada tanggal 17 April 2019 yang bertujuan untuk memilih anggota …